Ubinan padi di Desa Kaladawa bersama Koramil Talang, UPTD Tan KP dan PPL Kecamatan Talang - RADARDESA

BREAKING

Rabu, 18 September 2019

Ubinan padi di Desa Kaladawa bersama Koramil Talang, UPTD Tan KP dan PPL Kecamatan Talang

Talang - Program Upaya khusus (Upsus) dalam meningkatkan kesejahteraan petani. Babinsa Koramil 08/Talang melaksankan pendampingan Upsus panen ubinan di Desa Kaladawa Kecamatan Talang, Selasa (18/09)

Babinsa Koramil Talang beserta UPTD Tan KP dan PPL Kecamatan Talang melaksanakan Ubinan dengan tujuan untuk mengetahui dan memperkirakan jumlah produksi padi pada suatu hamparan lahan yang dihitung dalam satuan hektar. Pengubinan ini biasa dilakukan pada tanaman padi. Tanaman padi yang telah dilakukan pengubinan akan diketahui jumlah produksinya untuk setiap satuan hamparan lahan (ha).

Seperti halnya, yang dilakukan di sawah milik Dimyati Rt 20/Rw 04 Desa  Kaladawa Kecamatan Talang Kabupaten Tegal, seluas 1/3 Ha yang ditanami padi Varietas Megawati. Dengan mengunakan pupuk cair Wijayakusuma nutrition menghasilkan 1. 5,7 Kg, 2. 4,4 Kg, 3. 5,4 Kg, total jumlah 15,4 : 3 = 5,16 × 16 = 82,66 Ton/Ha, sehingga hasil Ubinan 1/3 Ha = 2,75 Ton dengan kondisi awal panen = 1,8 Ton dengan tidak menggunakan obat pembasmi hama hanya herbisida rumput.

Dengan demikian dapat diperkirakan hasil panen nantinya dengan menggunakan pupuk tersebut dapat menghasilkan produksi yang cukup tinggi serta memberikan kemudahan dalam pemberian pupuk dan pengendalian organisme pengganggu tanaman.

Selain Danramil 08/Talang Kapten Inf Ady Sulistyo beserta anggota, nampak hadir juga diantaranya pemilik sawah Dimyati, Ka UPTD Tan KP Kecamatan Talang Wiryanto SP beserta PPL serta perwakilan Yayasan pupuk Wijaya Kusuma Nutrition Satyo. (ats)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar