Babinsa Brebes Terus Tanamkan Wawasan Kebangsaan Bagi Pelajar Paguyangan - RADARDESA

BREAKING

Selasa, 15 Oktober 2019

Babinsa Brebes Terus Tanamkan Wawasan Kebangsaan Bagi Pelajar Paguyangan

Brebes, Radardesa.com – Upaya TNI Brebes dalam cegah dini radikalisme terus dilakukan di kalangan masyarakat binaannya dan lingkup pendidikan sekolah, baik melalui sosialisasi, penyuluhan ataupun pendampingan.

Seperti halnya yang dilakukan Babinsa Koramil 11 Paguyangan, Kodim 0713 Brebes, Serda Sugeng Widodo, memberikan pembekalan wawasan kebangsaan dan bela negara kepada ratusan pelajar SMP Nurussibyan Paguyangan, Jalan Kaligua No. 6, Penisihan, Taraban, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.


Dikatakannya bahwa, tujuan pembekalan tersebut adalah bukan untuk mengambil porsi para pahlawan tanpa tanda jasa atau guru (tenaga pengajar) yang bertugas mulai yaitu mencerdaskan generasi bangsa. Namun, campur tangan Babinsa TNI dalam membentengi generasi muda adalah wajib dilakukan melalui sinergi dengan pihak sekolah.

“Pelatihan LDK dilakukan agar para pelajar dapat memahami arti dari bela negara yang merupakan kewajiban seluruh rakyat Indonesia, sehingga tumbuh jiwa nasionalisme dan patriotisme,” tegasnya.

Ditambahkannya, tujuan lainnya adalah untuk memupuk kedisiplinan, jiwa korsa, loyalitas dan tanggung jawab. Kesemuanya dibungkus dalam pemberian materi di ruang kelas maupun LDK fisik dengan baris berbaris. Sugeng juga menekankan bahwa NKRI adalah harga mati.

Sementara dikatakan Kepala Sekolah, Nur Baeti, S.Pd, bahwa 200 anak didiknya menerima pembekalan tersebut selama 2 hari (21-22/10) sebagai pondasi kepemimpinan jika suatu saat berorganisasi OSIS di tingkat menengah atas dan selanjutnya.

“Tujuan itu sesuai dengan tema yang kami ambil yaitu Membentuk Kader Pemimpin Cerdas dan Berintegritas Penuh Dedikasi. Atas pembekalan dari Koramil Paguyangan, saya mewakili pihak sekolah dan staf pengajar mengucapkan terima kasih,” ucapnya mengapresiasi. (Aan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar