Personil TNI - Polri Lakukan Baksos Donor Darah Sambut Ultah Ke 55 Yonif 407/PK - RADARDESA

BREAKING

Kamis, 24 Oktober 2019

Personil TNI - Polri Lakukan Baksos Donor Darah Sambut Ultah Ke 55 Yonif 407/PK

Tegal. Radardesa.com - Dalam rangka menyambut HUT Ke-55 Yonif 407/PK di tahun 2019, Komandan Yonif 407/PK Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P. menggelar kegiatan bakti sosial donor darah. Kegiatan donor darah tersebut diselenggarakan di Aula Kapten Damhuri Amir, Kamis (24/10/2019).

Kegiatan donor darah bekerjasama dengan PMI Kabupaten Tegal. Dalam kegiatan tersebut dihadiri 168 personel sebagai pendonor yang terdiri dari Prajurit Yonif 407/PK, anggota Kodim 0712/Tegal, anggota Brigif -4/DR, anggota Lanal Tegal, anggota Satradar Tegal, anggota Polres Tegal, Persit Kartika Candra Kirana Ranting 4 Yonif 407 dan warga masyarakat disekitar Asmil yonif 407/PK.

Sebelum melaksanakan donor darah, para pendonor dicek Hemoglobin dan tekanan darah oleh petugas PMI. Hal tersebut ini sebagai syarat untuk dapat melaksanakan kegiatan donor darah sehingga dapat diketahui bisa tidaknya darah tersebut untuk didonorkan.

Dalam kesempatan tersebut, wewakili PMI Kabupaten Tegal, Sudirah (salah satu anggota Staf Teknis) menyampaikan ucapan terima kasih kepada Yonif 407/PK atas terselenggaranya kegiatan bakti sosial donor darah. Disamping itu, kepercayaan serta hubungan silaturahmi dapat terjalin dengan baik sehingga secara bersama-sama dapat berpartisipasi dalam kegiatan sosial donor darah untuk membanti warga Tegal yang membutuhkannya.

Selaku Perwira Koordinator kegiatan donor darah, Dantonkes Kima Yonif 407/PK Letda Ckm Bambang Sasongko menyampaikan, dalam menyambut HUT Ke-55 Yonif 407/PK merupakan moment yang baik untuk kegiatan bakti sosial donor darah. “Ibaratnya melalui sekantong darah anggota Yonif 407/PK dan pendonor yang lain dapat membantu menyelamatkan satu nyawa bagi yang membutuhkan," ungkapnya.

"Kegiatan ini bertujuan mendukung program kemanusiaan melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal. Setetes darah yang disumbangkan sangatlah berarti untuk mereka yang membutuhkan tranfusi darah, disisi lain juga bermanfaat bagi kesehatan pendonor," imbuhnya.

Selain itu, "kegiatan donor darah ini tidak lepas dari kepedulian anggota Persit Kartika Candra Kirana Ranting 4 Yonif 407 atas kebutuhan pasokan darah, khususnya di PMI Kabupaten Tegal. Karena dengan tercukupinya darah di PMI setidaknya membantu pasien yang membutuhkan darah di berbagai rumah sakit, khusunya wilayah Tegal," pungkasnya.


Di tempat dan kesempatan yang berbeda, Komandan Yonif 407/PK Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P. sedikit menjelaskan bahwa nelalui kegiatan bakti sosial tersebut dimaksudkan agar Prajurit Yonif 407/PK dapat meningkatkan bakti untuk negerinya dibidang sosial dan kesehatan. Dimana melalui donor darah merupakan salah satu wujud kepedulian prajurit dengan masyarakat disekitar yang membutuhkannya.

Ia menambahkan, "bakti sosial donor darah ini sudah menjadi agenda rutin Yonif 407/PK guna memperingati HUT (hari ulang tahun) Satuan dalam setiap tahunnya. Harapannya adalah darah yang terkumpul di PMI Kabupaten Tegal dapat disumbangkan dan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan khususnya di wilayah Tegal dan sekitarnya," begitu pungkasnya. (Dasuki)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar