Hankam

Hankam

Upacara Peringati Hari Kesaktian Pancasila di Kota Tegal



Tegal - Pada hari Selasa 01/10/2019 Pukul 07.30 Wib bertempat di Halaman Pendopo Ki Kede Sebayu Kota Tegal dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dengan Inspektur Upacara (Irup) Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, Pembaca UUD 1945 Komandan Kodim 0712/Tegal Letkol Inf Richard Arnold Yeheskiel Sangari dan Pembaca Ikrar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal Dr. Johardi

Hadir pada upacara tersebut antara lain Danlanal Tegal Letkol Laut (P) Agus Hariyanto, S.E, M.tr, Hanla, M.M, Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rhondijah, S.si, , Hakim Pengadilan Negeri Tegal Elsa Lina Purba, SH., MH, Pj. Sekda Kota Tegal Drs. Imam Badarudin, M.M, Para Staf Ahli Walikota dan Para Asisten Setda Kota Tegal, Pimpinan OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal, Camat dan Lurah Sekota Tegal


Dalam amanatnya Walikota Tegal mengatakan, Hari Kesaktian Pancasila ini sudah jelas kalau Pancasila sebagai landasan kehidupan dalam bekerja maupun berprestasi, bagaimana bekerja bersama-sama tidak sendiri-sendiri, menjaga persatuan, mengedepankan kepentingan Bangsa dan Negara diatas kepentingan kelompok maupun individu.

Lebih lanjut walikota mengajak “Jagalah persatuan, jagalah semangat pancasila ini sebagai satu landasan, kita jaga sama-sama, kita pertahankan sama-sama agar NKRI tetap terjaga tidak terpecah belah dan tidak mudah di ganggu dari dalam maupun luar,” katanya.


Ditempat yang sama Dandim Tegal menyampaikan di era milenial harus kembali mengingat bagaimana sejarah Pancasila itu lahir bahkan dari jaman Majapahit dari buku atau kitab sutasoma karangan Empu Tantular. “Arti Bhinneka Tunggal Ika adalah berbeda-beda tetapi satu jua yang tertulis di Pancasila, semangat itu yang harus dipahami dan diamalkan oleh seluruh masyarakat Indonesia,” katanya.

Mari kembali lebih kita pahami  dan amalkan nilai-nilai Pancasila dari Sila Ke Satu bagaimana dalam beragama, bagaimana bermasyarakat dan bernegara, bagaimana menjaga persatuan Indonesia. “Kalau ada yang beda pendapat  ya bermusyawarah mufakat, sudah di sampaikan oleh Pancasila, setelah yang satu sampai empat baru yang kelima terwujud yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” tegasnya(Ast)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Upacara Peringati Hari Kesaktian Pancasila di Kota Tegal"

Posting Komentar