Babinsa Tunon hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW di wilayahnya - RADARDESA

BREAKING

Kamis, 28 November 2019

Babinsa Tunon hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW di wilayahnya

Tegal Selatan - Babinsa Kelurahan Tunon Serma Sumarto mewakili Danramil 21/TS menghadiri Undangan Peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW, Rabu malam (27/11) di Masjid Baetussholihin Kelurahan Tunon RT 4 RW 1 Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal yang dihadiri sekitar 750 orang.

Selain Babinsa, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Lurah Tunon H. Zamroni, S.Ag, M.si, Ketua LPMK Rudiyanto,SPdi, Bhabinkamtibmas Aipda Ahmad Aminudin, S.H, Tokoh agama dan Tokoh masyarakat.
Pada kesempatan tersebut KH. Sulthon selaku penceramah menceritakan sejarah Nabi yaitu bahwa sekitar 1.400 tahun lalu, sosok bayi yang mulia lahir ke dunia. Sang Ayah, Abdullah bin Abdul Muthalib, menamai putra yang dilahirkan sang istri, Aminah, itu Muhammad. Lahirnya bayi yang kemudian menjadi Nabi ini merupakan momentum yang disambut penuh keceriaan oleh umat Islam sedunia. Mereka pun memperingati hari Maulid Nabi Muhammad SAW dengan cara masing-masing.
Umat Islam sempat bingung mengenai hukum memperingati hari lahirnya Nabi. Penyebabnya, Rasulullah sendiri maupun para sahabat tidak pernah mencontohkan peringatan ini. Ditambah lagi, awal mula dilaksanakannya peringatan ini untuk pertama kalinya juga masih simpang siur. Bahkan ada banyak versi mengenai peringatan ini.
Naskah tertua mengenai peringatan Maulid Nabi adalah karya Jamaluddin Ibn Al Ma'mun, putra Al Ma'mun Ibn Bata'ihi, yang pernah menduduki posisi Perdana Menteri pada Dinasti Fatimiyah.
Karya tersebut dikutip oleh Al Maqrizi dalam kitabnya, Mawa'iz Al I'tibar fi Khitat Misr Wa Al Amsar. Tetapi, catatan Al Maqrizi menyebut peringatan Maulid Nabi diselenggarakan pada tanggal 13 Rabiul Awal.
Saat itu, khalifah Dinasti Fatimiyah menggelar peringatan Maulid Nabi dengan membagikan 6.000 dirham, 40 piring kue, gula-gula, caramel, madu, dan minyak wijen. Tidak ketinggalan 400 liter manisan dan 100 liter roti, Sebagai bentuk penghormatan dan kebahagiaan atas kelahiran nabi. (ats)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar