Kodim Tegal gelar Komsos dalam rangka Binter Terpadu TA 2019 - RADARDESA

BREAKING

Jumat, 15 November 2019

Kodim Tegal gelar Komsos dalam rangka Binter Terpadu TA 2019

Margasari - Komunikasi sosial dengan komponen pemerintah, Keluarga besar TNI, dan Komponen bangsa lainnya dalam rangka Binter terpadu Kodim 0712/Tegal di gelar di Aula SMA N 1 Margasari Kabupaten Tegal, Kamis (14/11).

Melalui tema "Meperdayakan wilayah pertahanan melalui kegiatan Binter terpadu guna memantapkan ruang dengan alat dan kondisi juang yang tangguh", diharapkan menjadi Wahana untuk meningkatkan tali silaturahmi antara Kodim 0712/ Tegal dengan segenap komponen bangsa dan semoga melalui kegiatan ini dapat menambah menerima pendapat serta ide-ide positif yang membangun sehingga timbul saling pengertian tentang peran tugas dan fungsi masing-masing sebagai komponen bangsa melalui kegiatan komunikasi sosial ini.
Hal tersebut seperti dikatakan Komandan Kodim 0712/Tegal yang diwakili Kasdim 0712/Tegal Mayor Inf Akhmad Aziz dalam sambutanya yang juga mengharapkan melalui kegiatan tersebut dapat mencapai kesamaan pemahaman serta menghasilkan berbagai pemikiran Cemerlang sebagai solusi terbaik demi peningkatan kerjasama dalam rangka membangun karakter bangsa guna optimalisasi sistem pertahanan wilayah guna mencegah dan menangkal radikalisme dan separatisme yang dapat mengancam stabilitas nasional serta kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi Wawasan Kebangsaan oleh Pasiter Kapten Inf Shokib Setyadi yang menyampaikan tentang Wawasan Kebangsaan bagi Komponen Bangsa dalam menghadapi Proxy War.
“Ancaman kedaulatan negara dengan cara baru ini, dikenal dengan proxy war atau perang proksi. Perang ini berupa konfrontasi antar dua kekuatan besar dengan menggunakan pemain pengganti untuk menghindari konfrontasi langsung, alasannya untuk mengurangi konflik yang berisiko menghasilkan kehancuran fatal.” Ungkap Kapten Sokib.
“Pelaku utamanya pun biasanya lebih suka menggunakan pihak ketiga sebagai pemain pengganti, misalnya negara-negara kecil atau non state actors (aktor tanpa negara) yang bisa berupa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), organisasi massa (Ormas), kelompok masyarakat, maupun perorangan”, imbuh pasiter.
Materi Komunikasi Sosial Cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme oleh Wartoyo (Exs Napiter) yang berpesan agar memperhatikan anak-anak kita dari pola hidupnya, karena arah keradikalismenan berawal dari pola hidup anak kita yang sudah tidak wajar dalam berkehidupan dimasyarakat maupun dilingkungannya.
Kegiatan tersebut dihadiri oleh Letkol Inf Haryadi wasef giat binter terpadu korem 071/WK, Mayor Roro Pasi BinKomsos Korem 071/WK, Kpt Agus Kuntoro Inf DanRamil 16/Margasari, Sunarna S.Pd Kepala sekolah SMA 1 N Margasari, Aipda Suwandi mewakili Kapolsek Margasari, A. Ghofir Kasi Trantib Kec. Margasari mewakili Camat Kec. Margasari, Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Cabang  XXIl Kodim 0712/Tegal, Wiranto Ketua Organisasi Pepabri Ranting Margasari, Budi Priyanto Ketua FKPPI Kota Tegal, Kristi Ketua FKPPI Kab.Tegal, Efendi Ketua HIPAKAD (Himpunan putra putri keluarga AD), Linmas, Gapoktan, Fatayat, GP Ansor, tokoh Agama dan Masyarakat Kecamatan Margasari serta Siswa SMA N 1 Margasari. (ats)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar