Danramil Tegal Timur hadiri Upacara Hari Dharma Samudra - RADARDESA

Kamis, 16 Januari 2020

Danramil Tegal Timur hadiri Upacara Hari Dharma Samudra


Tegal - Bertempat di Dermaga Pelabuhan PT. Pelindo III Kawasan Tegal Jl. R.E. Martadinata Kel. Tegalsari Kec. Tegal Barat Kota Tegal Danramil 02/Tegal Timur Kapten Inf Irwan Sutrisno yang mewakili Dandim 0712/Tegal beserta satu Satuan Setingkat Pleton anggota Kodim Tegal mengikuti Upacara Peringatan Hari Dharma Samudera Tahun 2020 degan Inspektur Upacara Komandan Lanal Tegal Letkol Mar Ridwan Azis, Mtr. Hanla, CHRMP,  Komandan upacara Danden Pomal Lanal Tegal Kapten Laut (PM) M. Atfal Setianto,  Perwira upacara Dan KAL Maribaya Lanal Tegal Letda Laut (P) Menot Kasiono, Rabu (15/01)

Dalam amanatnya, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. yang dibacakan oleh Inspektur Upacara mengatakan bahwa Upacara yang diselenggarakan setiap tahun ini, pada hakikatnya merupakan media dalam memberikan pewarisan nilai-nilai kejuangan yang harus dilestarikan, agar terus terjaga semangat dan jiwa tempur prajurit dalam menegakkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kasal menegaskan bahwa nilai-nilai kejuangan Yos Sudarso dan pelaut-pelaut yang menunjukkan keteladanan dan inspirasi kepemimpinan dalam melaksanakan tugas yang diemban, sifat rela berkorban dan ikhlas dalam bekerja merupakan nilai-nilai luhur yang wajib diwarisi oleh seluruh Prajurit TNI Angkatan Laut saat ini, yaitu agar tetap tegar dan pantang menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan.  

“Sebagai garda pelindung keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Prajurit TNI Angkatan Laut dituntut untuk lebih adaptif, produktif, berinovasi tinggi dan kompetitif dalam meningkatkan profesionalisme dalam pelaksanaan tugas. dalam proses itu jangan sampai melupakan jati diri seorang prajurit yang selalu berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI Angkatan Laut”, pungkasnya.

Usai Upacara dalam rangka Peringatan Hari Dharma Samudera Tahun 2020 dilanjutkan dengan Pengarahan Watimpres bidang wawasan Kebangsaan Habib Lutfi bin Ali bin Yahya kepada peserta Upacara yang pada intinya bahwa kita harus bisa menunjukkan bahwa Indonesia kuat, Indonesia hebat. “Nasionalisme harus kita jaga dengan baik. Kita harus mengenal sejarah, jika kita kenal sejarah maka kita akan menghargai jasa para pahlawan”, jelasnya.

“Kami bangga pada hari ini saya bangga kepada para nelayan, paling tidak menjadi informan akan menjadi mata dan telinga keluasan wilayah kita. Mana yang hak dan tidak. Jagalah keutuhan Republik ini jagalah persatuan dan kesatuan. Dengan bekal Persatuan dan kesatuan Indonesia akan menjadi kuat”, pesan Habib Lutfi.

Kegiatan diakhiri dengan  Upacara Tabur Bunga di Laut yang bertempat di Perairan Pelabuhan Tegal menggunakan KAL Maribaya Lanal Tegal. (Ats)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar