Hari Peduli Sampah Nasional, Pemkot Tegal Bersih-bersih Pantai - RADARDESA

Sabtu, 14 Maret 2020

Hari Peduli Sampah Nasional, Pemkot Tegal Bersih-bersih Pantai




Tegal - Pemerintahan Kota Tegal gelar Apel dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2020 dengan tema "Indonesia Bersih, Indonesia Maju dan Indonesia Sejahtera" bertindak sebagai Pembina Apel : H. Dedy Yon Supriyono, S.E., M.M (Walikota Tegal), Pimpinan Apel : Untung Tri Wibowo (DLH Kota Tegal) bertempat di Pantai Batamsari Jl. Batam Kel. Panggung Kec. Tegal Timur Kota Tegal, Jum'at (13/03/20).

Aksi bersih-bersih sampah dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada hari ini. Aksi bersih-bersih yang dilakukan di Pantai Batamsari ini diikuti 1.000 orang dari berbagai elemen masyarakat, pemerintah daerah, TNI, Polri, LSM peduli lingkungan, hingga pelajar.

Apel dalam rangka hari peduli sampah nasional tahun 2020. Saya menyambut baik kegiatan ini sebagai sebuah momentum yang mempersatukan masyarakat kota tegal untuk mengampanyekan kepedulian membersihkan lingkungan dari sampah. 

Gerakan seperti ini memang harus dilaksanakan secara massive dan melibatkan berbagai pihak. Kita perlu berperan aktif membersihkan lingkungan dari segala bentuk sampah. Terkadang ada kebiasaan baik yang akan berhasil dilakukan dengan sedikit paksaan, contohnya membersihkan lingkungan di kota tegal. Pemerintah kota tegal telah memiliki program untuk membangun kota tegal menjadi smart city yang maju. Untuk itu harus ada dukungan dari masyarakat agar pemerintah berhasil dengan program-programnya. Ada banyak kawasan di kota tegal yang masih terlihat kumuh dan kotor, salah satunya di sekitar alun-alun sampai stasiun kota tegal. Ini karena selama ini kita membiarkan saja semua berjalan apa adanya. 

Namun saat ini sudah terlihat banyak perubahan dan upaya untuk membersihkan kawasan tersebut. Salah satunya dengan menertibkan pedagang kaki lima yang tidak memiliki izin berjualan di pinggir jalan. Upaya seperti ini akan terlihat ‘keras dan memaksa’ pada awalnya. Ini karena kita terlanjur terbiasa terlena, tidak disiplin dan melakukan pembiaran terhadap pelanggaran aturan. 

Sejak saat ini semua harus dibenahi. Masyarakat kota tegal harus lebih disiplin, tahu dan taat aturan, bisa menjaga kebersihan lingkungan. Dengan wilayah yang bersih kita akan lebih bisa jelas melihat tempat-tempat mana yang bisa dibangun baik untuk ruang publik , hiburan, fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan, perumahan, pariwisata, industri, perdagangan, dan lain-lain. Dengan demikian pembangunan akan lebih terarah dan tepat guna. Inilah yang berpotensi menjadikan kota tegal maju. Hal ini juga sesuai dengan prinsip indonesia bersih menuju indonesia maju

Upaya mewujudkan indonesia maju melalui lingkungan yang bersih sangat selaras dengan kondisi saat ini.Sebab pemerintah menjadikan tahun 2020 sebagai tahun investasi di kota tegal. Tentu untuk menarik investor, kota kita harus nyaman dan bersih. Selain itu baru-baru ini amerika serikat juga telah menghapus indonesia dari daftar negara berkembang. Indonesia saat ini masuk ke dalam kategori negara maju. Untuk mendukung predikat ini, kita sebagai masyarakat kota tegal dan warga negara indonesia harus berupaya menjaga agar indonesia tetap maju, salah satunya dengan menciptakan lingkungan bersih dan meningkatkan kemampuan mengelola sampah dengan baik dan benar.

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Tegal : H. Dedy Yon Supriyono, S.E., M.M, Wakil Walikota Tegal : M. Jumadi, S.T., M.M, Wakil Walikota Lhokseumawe : Yusuf Muhammad., S.E., M.SM, Sekda Kota Tegal : Dr. Drs. Johardi., M.M, Kapolres Tegal Kota : AKBP Siti Rondhijah, S.Si, Danlanal Tegal : Letkol Mar Ridwan Azis, M. Tr. Hanla, CHRMP, Waka Polres Tegal Kota : Kompol Joko Wicaksono, S.STPi, Kasdim 0712/Tegal : Mayor Inf Akhmad Aziz, Paspotmar Lanal Tegal : Kapten Laut (P) Subandi, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kota Tegal : Ali Mukhtar, S.H, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kota Tegal : Hj. Toetik Ernawati, S.H., M.H, Dirut PDAM Kota Tegal : Hasan Suhendi., S.E, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal : Dr. Sri Primawati Indraswari , Sp.KK, MM, MH.Kes, Direktur PT. Kemasan Ciptama Sempurna Bank Sampah : Wahyudi Sulistya,Staf Ahli, Asisten, Pimpinan OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal (Nrs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar