Hankam

Hankam

Gugus Tugas Gelar Tekhnis Percepatan Penanggulangan Covid 19



Tegal - Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid 19 Kab. Tegal Jumat (1/5/2020) siang melaksanakan kegiatan penjelasan teknis strategi kesiapan dan percepatan penanganan covid 19. Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Pemda Kab Tegal dihadiri Bupati Tegal Hj. Umi Azizah, Wakil Bupati Sabilllah Ardie, Sekda Dr. Widodo Joko Mulyono, Kepala Dinkes dr. Hendadi Setiadji, Dandim 0712/Tegal  Letkol Inf. Richard Arnold Y. Sangari, jajaran Polres Tegal, para Camat dan Forkompinda.

Bupati Tegal Hj. Umi Azizah dalam sambutannya mengatakan  covid 19 sudah hampir 2 bulan, akan tetapi perkembangannya sangat memprihatinkan. Upaya yang telah dilakukan dari tingkat kabupaten sampai tingkat desa oleh seluruh elemen masyarakat cukup luar biasa. Pihaknya harus mengapresiasi menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh komponen masyarakat. Mereka terus bergerak dalam pencegahan covid 19, namun demikian hasil evaluasi menujukan kesadaran masyarakat masih sangat kurang.
Penerapan protokol kesehatan diasakan masih sangat memprihatinkan terutama di titik-titik bertemunya para warga yang setiap hari bergerak di bidang ekonomi seperti di pasar, toko swalayan dan di tempat yang lain, ujar Bupati Umi Azizah

Dikatakan sejalan dengan rekomendasi dari WHO bahwa untuk melakukan pencegahan covid ini disarankan menggunakan masker. Selalu menggunakan masker dan melakukan physical distaincing seperti pertemuan, cuci tangan pakai sabun.

Pemerintah Kabupaten Tegal menurutnya terus, menginisiasi pengadaan masker. Dan hari ini telah dibagikan ke beberapa institusi termasuk didalamnya pemerintah Kecamatan sampai ke Pemerintah desa. Gubernur menerbitkan instruksi agar pencegahan  covid ni dilakukan sampai ke tingkat RT dengan dibentuknya Satgas “Joko Tonggo”, ungkapnya

Diikatakan bupati menindaklanjuti Permendes juga SK Kementerian Desa bahwa pemerintah desa juga harus menyiapkan tempat isolasi di tingkat desa. Apakah itu di gedung – gedung sekolah dasar, SMP di masjid maupun mushola karena ini tidak menjadi tanggung jawab pemerintah akan tetapi menjadi tanggung jawab bersama, pungkasnya

Sementara Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Richard Arnold Y. Sangari mengatakan pelaksanaan sosialisasi bahaya covid 19 disetiap kecamatan sudah berjalan dengan baik. Namun hal ini harus tetap dimaksimalkan. “Bangun kerjasama antar para camat, Kapolsek dan Koramil. Lakukan kontrol pasar dengan tetap menjalankan phisical distaincing.

Masyarakat oleh Dandim tetap diminta mengamankan lingkungan desa atau perkampungan  dengan mengurangi jalan keluar masuk desa. ” Kita harus saling mengingatkan untuk wajib memakai masker. Titik fokus kita sekarang pada pasar sebagai pusat keramaian. Hindari transaksi dengan saling berpegang tangan” pesannya. (Dasuki/Heri)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gugus Tugas Gelar Tekhnis Percepatan Penanggulangan Covid 19"

Posting Komentar