Hari Lingkungan Hidup se-Dunia, Babinsa Kutawaru Tanam Ribuan Bibit Mangrove - RADARDESA

Senin, 08 Juni 2020

Hari Lingkungan Hidup se-Dunia, Babinsa Kutawaru Tanam Ribuan Bibit Mangrove

 
Cilacap-Dalam rangka peringatan Hari Lingkungan hidup se-dunia, Babinsa Kelurahan Kutawaru, Koramil 01 Cilacap, Kodim 0703 Cilacap, Sertu Dalmuji Zain melaksanakan pendampingan penanaman bibit pohon Mangrove  bersama dengan  RDMP Refenery Unit (RU) IV Cilacap berlokasi di Kelurahan kutawaru, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, jumat (5/6).

Hadir dalam kegiatan tersebut Manager HSSE Hartanto, Personalia RDMP Ruseno, Kepala DLH Awaludin Muri, Kasi KPH Ibu Antika, Asmen  RDMP  Hermanto, Camat Cilteng  Bambang Wijoseno,S Sos Msi, Lurah Kutawaru Slamet, Babainsa Sertu  Dalmuji, Babinkamtibmas Aipda Sofyan,Kasitrantib Yusuf Kuncoro, Ketua LPPMK Bedi, Unsur Pramuka Peduli bpk Redi.

Dalam kesempatan itu Babinsa Kelurahan Kutawaru mengatakan program penghijauan yang digagas Pertamina RU IV Cilacap merupakan program pelestarian lingkungan yang sejalan dengan program TNI terkait penghijauan diwilayah binaan.

"Kita tahu bahwa, saat ini bumi sangat tua, kondisi ini bertambah parah dengan banyakanya pembangunan pemukiman warga tanpa diimbangi ketetersediaan kawasan hijau sehingga akan memicu dampak pemanasan global. Dampak lanjutanya tentu akan berakibat pada perubahan iklim yang tidak menentu, untuk itu kita TNI menyambut baik program penghijauan ini," katanya.

Lebih lanjut, "Mengapa dipilih bibit mangrove sebagai pohon yang digunakan dalam program penghijauan ini, tentunya bukan tanpa alasan. Mengingat sesuai kondisi geografis wilayah kita adalah pesisir yang sangat cocok ditanami pohon mangrove," imbuhnya.

Senada dengan apa yang disampaikan Babinsa Kutawaru, Manager HSSE Pertamina RU IV Cilacap Hartanto menegaskan, adapun maksud dan tujuan dari penanaman bibit pohon mangrove ini adalah sebagai wujud kepedulian dari berbagai pihak akan pentingnya penanaman penghijauan dan pemeliharaan pohon yang berkelanjutan untuk mengurangi dampak pemanasan global untuk mencapai Pembangunan Indonesia yang hijau (Green Development Mechanism).

"Untuk jumlah bibit yang tanam berjumlah 56.000 Batang bibit pohon mangrove ditanam bertahap dan berlanjut. Target luas lahan sekitar 2,8 Ha. Adapun lokasi penanaman pohon berada di  penyebrangan Bojong, Perkuyan Kelurahan Kutawaru tepatnya di areal perhutani pinggiran Laut Bengawan Donan," tegas Hartanto.(Ast)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar