Melalui Kerja Bakti, Tumbuhkan Semangat Gotong Royong dan Perkokoh Kemanunggalan TNI-Rakyat - RADARDESA

Jumat, 12 Juni 2020

Melalui Kerja Bakti, Tumbuhkan Semangat Gotong Royong dan Perkokoh Kemanunggalan TNI-Rakyat

 
Cilacap - Wujud kebersamaan antara Babinsa dan warga binaannya seringkali kita lihat dalam kegiatan kewilayahan. Sertu Sukiman salah satu contohnya. Selaku Babinsa Keleng Koramil 06/Kesugihan, dirinya selalu terlibat dalam setiap kegiatan gotongroyong di wilayah binaannya.

Saat ini, Kamis (11/6/20) Sertu Sukiman bersama warga desa binaannya melaksanakan kegiatan kerja bakti pembersihan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Eyang Dusun Sawangan yang berlokasi di RT 02/06 Desa Keleng Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap.

Kegiatan kerja bakti pembersihan makam tersebut dalam rangka kegiatan Adat Persemuan Sawalan yang dilaksanakan setiap bulan syawal khususnya bagi warga Dusun Sawangan penganut kepercayaan kejawen untuk membersihkan makam leluhur.

Terkait keterlibatannya dalam kegiatan tersebut, Sertu Sukiman menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan wujud nyata kemanunggalannya dengan rakyat. Sebagai Aparat Teritorial, sudah menjadi kewajibannya untuk membantu kesulitan masyarakat yang ada di wilayah binaannya. Selain itu, dengan selalu menjaga hubungan silaturahmi yang baik dengan warganya, akan semakin kokohnya kemanunggalan TNI dan Rakyat.

“ Kegiatan ini adalah salah satu bukti nyata sekaligus penguatan kemanunggalan TNI dengan rakyat dan kerja bakti ini merupakan salah satu wujud implementasi pembinaan teritorial kita selaku aparat kewilayahan. Ini sudah menjadi bagian dari tugas pokok TNI AD khususnya dalam membantu kesulitan masyarakat dan pemerintah daerah,” tutur Sertu Sukiman.

"Kebersamaan dengan seluruh komponen masyarakat untuk peduli akan kebersihan lingkungan harus tetap dijaga bersama, disamping itu kegiatan adat tersebut merupakan hal yang sangat positif. Selain melestarikan adat istiadat juga bertujuan membangun masyarakat dalam menumbuhkan semangat gotong royong" tambahnya.

“Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini, masyarakat akan lebih peduli tentang pentingnya gotong-royong dalam menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga tradisi kearifan lokal, sebagai bentuk rasa hormat dan beban moral untuk menghargai jasa para leluhur yang telah meninggal dunia,” pungkasnya.

Sementara itu, juru kunci TPU Eyang Dusun Sawangan, Kasmudi menyampaikan rasa bangga terhadap Babinsa yang selalu hadir dalam setiap kegiatan di desanya. "Terlebih lagi saat ini bersama sama dengan warga, Babinsa membantu kegiatan kerja bakti pembersihan makam. Hal ini tentu membuat warga bertambah semangat karena ada Babinsa yang mendampingi, " ungkapnya. (Ast)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar