Hankam

Hankam

TMMD 108 Siap Membangun Desa di 44 Kabupaten atau Kota

Jakarta, Radardesa.com – TNI AD akan kembali menggelar TNI Manunggal Membangun Desa TMMD ke-108, sebagai lanjutan TMMD ke-107 Tahun Anggaran 2020, yang kali ini akan digelar untuk membangun infrastruktur di 44 Kabupaten/Kota atau 49 kecamatan (74 desa).


Selain sasaran fisik/infrastruktur, tentu juga non fisik, dimana pada TMMD ke-108 ini, TNI akan berkolaborasi dengan Kemendagri RI.

Untuk mensukseskan hajatan TNI dalam membantu tugas Pemda membangun daerah dan masyarakat yang akan dimulai pada 30 Juni hingga 29 Juli 2020 secara serentak ini, TNI AD memulainya dengan menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TMMD ke-108 di Gedung E, Puskodalad Mabesad, Jakarta Pusat. Selasa (9/6/2020).

Di tengah pendemi covid-19 ini, Rakornis tersebut tidak menghadirkan para Dandim, pejabat daerah atau Bupati, dan Dispermasdes masing-masing kabupaten/kota, melainkan melalui video conference yang dipimpin Asisten Teritorial (Aster) Kasad, Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P, M.Si, selaku Pati Bidang Perencanaan PJO (Penanggung Jawab Operasional) TMMD, dengan didampingi Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Desa, Dr. Deddy Winarwan, M.Si, mewakili Dirjen Bina Pemdes Kemendagri RI.

Dalam sambutannya dalam Rakornis TMMD yang menerapkan protokol kesehatan covid-19 ini, Aster Kasad mengatakan bahwa program TMMD merupakan kegiatan lintas sektoral dengan berbagai Kementerian/Lembaga Pemerintah Non-Kementerian (LPNK) dan komponen masyarakat lainnya, yang dilaksanakan secara gotong-royong dan bukan domain TNI saja.

Jenderal bintang dua ini mengajak para stakeholder untuk mendukung dan berkontribusi baik fisik maupun nonfisik sehingga tugas mulia untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat ini dapat sukses.

“Mari kita jadikan Rakornis TMMD ini menjadi wahana berkoordinasi dan berkomunikasi secara teknis, berdiskusi, serta mensinkronkan berbagai program Kementerian/LPNK dengan TMMD ke-108 ini,” ungkapnya.

Bakti Agus Fadjari berharap dalam Rakornis tersebut ada saran, masukan, serta ide-ide kreatif, inovatif dan konstruktif guna mendorong upaya peningkatan dan pengembangan program TMMD ke depannya demi tercapainya percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa yang menjadi sasaran program.

Tema yang diangkat dalam Rakornis adalah “TMMD Pengabdian untuk Negeri”, dengan sistem bottom up planning dengan tujuan menjawab aspirasi dan kebutuhan masyarakat setempat sehingga hasilnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat.

Sementara itu, Direktur Kelembagaan dan Kerja Sama Desa Kemendagri RI, Dr. Deddy Winarwan, menyampaikan materi tentang kebijakan pemerintah dalam mewujudkan percepatan pembangunan desa yang meliputi peningkatan kapasitas fiskal Pemdes, peningkatan kapasitas dalam pemahaman berbagai regulasi pengelolaan keuangan desa, memahami masalah dan potensi, target skala prioritas pembangunan, serta seni dan cara mencapai target.

Dalam kesempatan ini juga, Deddy juga memaparkan kebijakan terkait penggunaan APBD dan APBDes untuk penanganan covid-19.

"Pemerintah juga menyiapkan langkah antisipasi atas risiko pelemahan ekonomi melalui instrumen kebijakan fiskal, menggerakkan ekonomi, menciptakan lapangan kerja dan menjaga masyarakat rentan terdampak covid-19,” ujarnya.

Selanjutnya, Kolonel Infanteri Paiman, Kasubdispenmedtak Dispenad dan Sekretaris PJO TMMD yang diwakili Pabandya-1 Bin Ops Bag TNI Spaban V Bhakti TNI Sterad, Letkol Infanteri Ahmad Hadi Hariono, secara bergantian memaparkan rencana terkait pelaksanaan Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) TMMD Reguler ke-108 TA. 2020.

Terkait LKJ TMMD Reguler 108 yang merupakan rutinitas TNI-AD dan sudah digelar yang ke-15 kali ini, program/kegiatan ini merupakan wahana dalam mensosialisasikan pelaksanaan program TMMD kepada masyarakat, pemenuhan informasi publik, mengekspos potensi desa yang menjadi sasarannya, serta menggugah kepedulian masyarakat terhadap upaya pembangunan di desanya.

Lomba LKJ ini dibagi menjadi 4 kategori yakni kategori Kapendam, Dandim selaku Dansatgas TMMD, dan 2 kategori untuk wartawan umum baik cetak/online dan elektronik.

Puncak acara, Waaster Panglima TNI, Brigjen TNI (Mar) Purnomo, yang hadir mewakili Aster Panglima TNI menyampaikan apresiasi kepada para pejabat Pemda yang tetap semangat dan mengalokasikan anggaran pembangunan yang diselaraskan dengan TMMD di tengah pandemi covid-19. (Dispenad-Aan/Red)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TMMD 108 Siap Membangun Desa di 44 Kabupaten atau Kota"

Posting Komentar