Satuan Yonif 407/PK Terima Kunjungan Mayjen TNI Tiopan Aritonang - RADARDESA

Selasa, 25 Agustus 2020

Satuan Yonif 407/PK Terima Kunjungan Mayjen TNI Tiopan Aritonang


Tegal, Radardesa.com  - Satuan Yonif 407/Padmakusuma menerima kunjungan dari Tim Riksiapops Mabes TNI yang dipimpin oleh Asops Panglima TNI Mayjen TNI Tiopan Aritonang. Kunjungan ini dalam rangka untuk mengetahui dan memastikan kesiapan Yonif 407/PK yang akan melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan RI-Malaysia di wilayah Kalimantan Barat, Selasa (25/08/2020)

Hadir dalam kegiatan tersebut, Asops Kasad Mayjen TNI Surawahadi, Paban VII/BMN Slog TNI Kolonel Laut (T) Tjatur Hendrawidjaja, S.T, Paban II/Kom Skomlek TNI Kolonel Chb Soby Wellem Pondang, Kabiddukkesops Puskes TNI Kolonel Ckm Dr. Moh. Birza Rizaldi, Spog, M.A.R.S., Kabid BFK Pusbintal TNI Kolonel Cba Dody Nurcahyono, S.Sos, Kabindbekkap Babek TNI Kolonel Cba Suparmanto, S.I.P., M.Si, Kabindlazada Pusbintal TNI Letkol Sus Hasanudin, S.Ag., dan Pabandya 2/Dalopsdagri Spaban IV/Opsdagri Sops TNI Letkol Pnb I Gusti Ngurah Adi Brata.

Turut hadir mendampingi, Kasdam IV/Dip, Irdam IV/Dip, Danrem 071/Wk, Kapok Sahli Pangdam IV/Dip, Asintel kasdam IV/Dip, Asops kasdam IV/Dip, Aslog kasdam IV/Dip, Aster kasdam IV/Dip, Kakesdam IV/Dip, Kabegkangdam IV/Dip, Kapaldam IV/Dip, Kahubdam IV/Dip, Kabintaldam IV/Dip, Katopdam IV/Dip, Danbrigif -4/DR, Kapendam IV/Dip, Danlanal Tegal, Dandim 0712/Tegal, Dansatradar 214/Tegal, Wakapolresta Tegal dan Kabagops Polres Tegal.

Dalam rangkaian kegiatan Riksiapops Mabes TNI, Komandan Yonif 407/PK Mayor Inf Catur Irawan, S.I.P selaku Dansatgas Pamtas RI-Malaysia di wilayah Kalimantan Barat memaparkan kesiapan operasi Satgas Pamtas kepada Tim Riksiapos Mabes TNI di ruang Yudha Mako Yonif 407/PK. Dan dilanjutkan dengan pengarahan kepada seluruh pejabat Danpos Satgas Pamtas RI-Malaysia di Serambi Kehormatan Mako Yonif 407/PK.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengecekan pasukan. Dalam apel gelar pasukan tersebut, Asops Panglima TNI Mayjen TNI Tiopan Aritonang beserta tim memeriksa kesiapan personel maupun materiil yang akan digunakan oleh Yonif 407/PK dalam tugas operasi menjaga kedaulatan NKRI. Selain itu juga mengecek penguasaan materi yang diperoleh prajurit selama pelaksanaan latihan pratugas.

Saat memberikan pengarahan, Mayjen TNI Tiopan Aritonang menyampaikan bahwa tugas adalah kehormatan, tidak sembarang orang mendapat tugas melakukan operasi. Untuk itu harus melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, apabila itu sudah dilakukan maka akan pulang dengan kebanggaan.

Ditegaskan agar seluruh anggota Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/PK tidak ada yang melakukan pelanggaran sekecil apapun agar para pimpinan di Batalyon (Danyon, Danki, Dantim, Danpos, Danton, Staf Batalyon) tidak habis energinya untuk ngurusi pelanggaran.

“Kalian harus sering ketemu sama masyarakat, tanamkan jiwa kebanggan sebagai warga negara Indonesia. Bukan hanya mencari patok, tapi juga mencegah perbuatan-perbuatan ilegal seperti narkoba, bahan peledak, TKI yang keluar tanpa ijin dan surat-surat, itu adalah sebagian tugas,” ungkapnya.

“Tugas ini tidak lama hanya 9 bulan, laksanakn dengan penuh tanggung jawab, sabar, tekun, saya yakin pasti berhasil. Untuk itu, satukan niat seluruhnya, andalkan Tuhan dalam melaksanakan tugas ini, Yang didaerah operasi laksanakan operasi dengan serius, yang diaerah basis mendoakan, jangan membuat pelanggaran juga,” imbuhnya.

Ia berpesan, agar Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/PK selalu menjaga kehormatan Batalyon, Brigade 4/DR, Kodam IV/Dip, Angkatan Darat dan Mabes TNI serta Indonesia. Untuk prajurit yang di pos perbatasan harus mampu menunjukkan jatidiri sebagai prajurit-prajurit TNI.

“Tugas saya kemari adalah mengecek kesiapan kesiapsiagaan Batalyon Infanteri 407/Padmakusuma, dari segi personel sudah mumpuni, dari segi materiil ada yang kurang akan kita dukung, dari segi kemampuan sudah disiapkan, artinya yang menjadi keberhasilan kamu tinggal kemauan. Untuk itu satukan niat seluruhnya, satukan niat mulai dari Komandan Batalyon sampai sampai dengan prajurit dua supaya keberhasilan Batalyon ini,” jelasnya.

“Pada Kesempatan ini, atas nama Panglima TNI, saya Asisten Operasi Panglima TNI menyatakan Satuan Tugas Batalyon Infanteri 407/Padmakusuma siap melaksanakan operasi, berangkat dengan kehormatan, pulang dengan kebanggaan,” begitu pungkasnya. ( Siti Aminah )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar