Wawasan Kebangsaan Pada Pelatihan Satlinmas Desa Kesuben Kecamatan Lebaksiu - RADARDESA

Senin, 07 September 2020

Wawasan Kebangsaan Pada Pelatihan Satlinmas Desa Kesuben Kecamatan Lebaksiu

 


Tegal – Sejumlah 22 orang anggota Linmas Desa Kesuben, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah melaksanakan pelatihan Satlinmas di komplek Balai Desa Kesuben, Minggu (6/9/2020).

Dengan mengusung tema “Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Desa” anggota Satlinmas tersebut medapatkan pelajaran wawasan kebangsaan dan latihan peraturan baris berbaris (PBB).

Kepala desa Kesuben, Arif Maskur menyampaikan tujuan diselenggrakannya pelatihan Satlinmas ini bertujuan mengingatkan kembali fungsi dan tugas pokok Satlinmas serta membentuk kembali karakter Linmas yang berwawasan kebangsaan dan disiplin.

Dalam kesempatan yang sama, disela pemberian materi wawasan kebangsaan, Danramil 15/Lebaksiu, Lettu Inf Abdul Rokhim menjelaskan bahwa Pengertian Satuan Perlindungan Masyarakat sesuai Peraturan menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2009 tentang Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Penanganan Ketenteraman, Ketertiban, Dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum.

“Pada pasal 1 butir 1 yaitu Satuan Perlindungan Masyarakat yang selanjutnya disebut Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan” Ungkapnya.

 “Untuk melatih kedisiplinan Satlinmas, pada kegiatan ini juga ada latihan PBB oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas” pungkas Abdul Rokhim.(Wf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar