Kantor Gerakan Pemuda Ansor Kota Tegal Diresmikan - RADARDESA

Rabu, 28 Oktober 2020

Kantor Gerakan Pemuda Ansor Kota Tegal Diresmikan

 

Tegal - Peresmian gedung gerakan pemuda (GP) Ansor di jalan wisanggeni no 10 Kelurahan Kejambon Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal telah dilaksanakan, Selasa (27/10/2020).

Kegiatan tersebut dilakukan sekaligus memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan Sumpah Pemuda ke - 92 tahun 2020.

Dengan mengambil tema "Semangat pemuda santri bersatu dan bangkit" merupakan wujud semangat pemuda mulai dari merebut kemerdekaan sampai dengan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan.

Menurut Dandim 0712/Tegal, Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P melalui Danramil 02/Tegal Timur, Kapten Inf Irwan Sutrisno bahwa peringatan hari santri dan sumpah pemuda merupakan kreativitas anak muda yang patut diberikan apresiasi karena kalau kita telaah dengan seksama ada benang merah yang menghubungkan kedua peristiwa tersebut yakni sama-sama melibatkan peran pemuda di dalamnya.

Lebih lanjut menurut Sutrisno, sumpah pemuda adalah puncak dari kegiatan pemuda seluruh Indonesia terhadap imperialisme di bumi Nusantara ini sehingga mereka berkumpul dan menyatakan sumpah bertumpah darah satu berbangsa satu dan berbahasa satu Indonesia.

Sedangkan hari santri adalah puncak perlawanan santri terhadap kolonialisme sebagai pelaksanaan resolusi jihad yang dikeluarkan oleh kyai haji Muhammad Hasyim Asy'ari di Surabaya jadi kedua momentum tersebut memang tidak bisa lepas dari peran pemuda sangat menentukan dalam perjalanan sebuah bangsa.

Kegiatan dilanjutkan dengan sarasehan sumpah pemuda, pemotongan pita ruang kerja GP Ansor Kota Tegal dan dilanjut dengan ramah tamah. (ats)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar