Hankam

Hankam

Pemkot Tegal Segera Miliki Laboratorium PCR

 


TEGAL – Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal segera memiliki Laboratorium Polymerace Chain Reaction (PCR) sendiri tahun depan.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, S.E., M.M saat menerima kunjungan kerja Satgas Penanganan Covid-19 Pusat, Oneng Subroto, di Pringgitan Komplek Balai Kota Tegal, Kamis (3/12/2020).

“Kita sudah sudah ada ruangan, tinggal peralatan Laboratoriumnya saja” tutur Dedy Yon.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, dr. Sri Primawati Indraswari menyampaikan bahwa Laboratorium tersebut berada di Laboratorium Kesehatan Kota Tegal, dan alat yang akan digunakan untuk  sekali running mampu menguji 96 sampel.

Pembangunan laboratorium PCR ini juga sesuai arahan Satgas Penanganan Covid-19 Oneng Subroto. Oneng menyampaikan agar Pemerintah Kota Tegal menindaklanjuti pengadaan alat swab PCR.

Menurut Oneng Subroto, Kota Tegal perlu memiliki laboratorium tersebut, untuk memangkas waktu yang dibutuhkan untuk menunggu hasil swab.

Sementara ini, hasil swab dari kota Tegal di bawa ke Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, dimana kapasitas di Provinsi saat ini sudah terlalu banyak.

Terkait kedatangannya di kota Tegal, Oneng menyampaikan bahwa pihaknya melakukan kunjungan ke beberapa daerah untuk memonitor pelaksanaan penanganan Covid-19 di Kota Tegal.

Ia ingin ada masukan dari Pemerintah Kota Tegal, terkait beberapa hal. Mulai dari manajemen pengelolaan penanganan Covid-19, termasuk operasionalnya, kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM), selain itu masalah dukungan anggaran atau dana yang digunakan untuk Covid-19, baik itu langsung untuk penanganan maupun bantuan-bantuan sosial.

Pihaknya juga ingin mengetahui dukungan logistik, apa yang sudaj diadakan dan apa yang masih belum diadakan.

Secara umum, setelah mendapatkan penjelasan dari Pemerintah Kota Tegal, Oneng menyampaikan bahwa penanganan covid 19 di kota Tegal sudah berjalan baik.

“Untuk Kota Tegal, Alhamdulillah penanganannya sudah baik. Namun, perlu digiatkan kembali upaya pencegahan. Karena mencegah itu lebih baik daripada mengobati,” ungkap Oneng. 

Nampak hadir dalam acara tersebut Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, S.E., M.M, Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Sutan Siregar, S.I.P, Pelaksana Tugas Liaison Officer Covid-19 BNPB Pusat/Nasional Wilayah Jawa Tengah : Brigjen Pol (Purn) Drs. Oneng Subroto, S.H., M.H, Kapolres Tegal Kota : AKBP Rita Wulandari Wibowo, S.I.K., M.H, Sekda Kota Tegal : Dr. Drs. Johardi, M,M,Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal : dr. Sri Primawati Indraswari, Sp., KK, M.M., M.H. Kes (*)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemkot Tegal Segera Miliki Laboratorium PCR"

Posting Komentar