Persit Kodim Tegal Gelar Protap Tas Siaga Bencana - RADARDESA

Rabu, 10 Februari 2021

Persit Kodim Tegal Gelar Protap Tas Siaga Bencana

 


Tegal – Beberapa wilayah di Indonesia rentan mengalami bencana, baik yang disebabkan oleh alam, maupun akibat ulah manusia karena kerusakan ekologi. Contohnya adalah peristiwa banjir yang melanda beberapa daerah di Jawa Tengah.

Selain banjir, Jawa Tengah juga rentan mengalami tanah longsor, tanah bergerak, angin puting beliung pada musim penghujan. Tidak hanya itu, arus pendek listrik masih sering terjadi sehingga menyebabkan si jago merah melahap rumah-rumah penduduk. Tak jarang, masyarakat yang tertimpa musibah kehilangan keluarga dan harta benda yang dimiliki.



Sehubungan dengan hal tersebut, sesuai perintah ketua umum Dharma Pertiwi Pengurus Pusat, Pengurus Dharma Pertiwi Cabang Tegal Kodim 0712/Tegal menggelar protap TSB (Tas Siaga Bencana) dalam rangka persiapan mengantisipasi rawan bencana.

Ketua Dharma Pertiwi Cabang Tegal Ny. Ica Sutan Siregar mengatakan kegiatan ini dalam rangka sosialisasi Tas Siaga Bencana (TSB), mengingat bencana alam sering terjadi di wilayah Kota Tegal maupun di Kabupaten Tegal, baik bencana banjir maupun tanah longsor, tanah bergerak, angin puting beliung yang terjadi pada musim penghujan.

“Dalam Isi protap Tas Siaga Bencana yang diperagakan oleh anggota pengurus Dharma Pertiwi antara lain perlengkapan sholat, baju, terpal tenda, alat mandi, sandal, pisau, hand sanitizer, jas hujan, tali, masker alat makan, Mie Instan, tisu, botol minum, P3K, senter, sarung tangan dan plastik HP”. Jelas Ketua Dharma Pertiwi

TSB (Tas Siaga Bencana) sebagai cadangan bertahan hidup apabila bantuan belum datang. Selain itu, tas tersebut dapat memudahkan saat evakuasi dari lokasi bencana menuju tempat yang lebih aman. (Nrs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar