Edukasi 5 Unsur Wawasan Kebangsaan di Pruwatan Bumiayu Brebes - RADARDESA

TOP BERITA

Jumat, 19 Maret 2021

Edukasi 5 Unsur Wawasan Kebangsaan di Pruwatan Bumiayu Brebes

 


Brebes, Radardesa.com – Kodim 0713 Brebes memberikan materi 5 unsur wawasan kebangsaan kepada perwakilan warga masyarakat Desa Pruwatan, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, di aula balai desa setempat. Kamis (18/3/2021).

Dijelaskan pemateri, Serma Bambang, Babinsa Koramil 08 Bumiayu, kegiatan edukasi itu merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan non fisik TMMD Sengkuyung Tahap I Kodim Brebes di Pruwatan.

“5 unsur wawasan kebangsaan yang disampaikan adalah cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, kemampuan awal bela negara, yakin akan kesaktian Pancasila, serta perilaku rela berkorban untuk bangsa dan negara,” bebernya.

Dijelaskannya lanjut, untuk kemampuan awal bela negara (Puanwal Belneg) yakni memiliki sifat disiplin, ulet, mentaati segala peraturan perundang-undangan yang berlaku, percaya akan kemampuan diri sendiri, tahan uji, dan juga pantang menyerah dalam menghadapi kesulitan. Kesemuanya untuk mencapai tujuan nasional.

Selain materi itu juga disisipkan materi 4 pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika).

Menurutnya, pembekalan nasionalisme itu juga bertujuan untuk membentengi para generasi penerus bangsa khususnya di Desa Pruwatan, terhadap paham-paham radikal dimana sasaran utamanya adalah generasi muda bangsa.

Tongkat estafet mempertahankan keutuhan dan kedaulatan NKRI, maju tidaknya bangsa Indonesia kedepannya, pasti dipegang generasi selanjutnya. Untuk itu mereka harus mempunyai pondasi yang kuat dengan 4 pilar kebangsaan itu.

“Oleh karena itu, tugas membimbing calon pemimpin bangsa agar memiliki karakter nasionalisme, peka akan kesulitan lingkungan, dan juga unggul dalam berbagai aspek, adalah tugas kita bersama sebagai generasi saat ini,” tandasnya. (Aan S)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar