Hankam

Hankam

Guna Mendukung Pelaporan Penanganan Covid-19, Babinsa Kodim Tegal dibekali Aplikasi SILACAK

 


Tegal – SILACAK merupakan salah satu aplikasi mendukung tugas dalam melakukan Tracking pasien terkonfirmasi Covid-19, Kodim 0712/Tegal menggelar sosialisasi penggunaan aplikasi SILACAK kepada perwakilan Babinsa Koramil jajaran Kodim 0712/Tegal, bertempat di indor Lapangan Tenis Kodim 0712/Tegal, Kamis (5/8/2021).

Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P. melalui Pasiter Kodim 0712/Tegal Kapten Inf Shokib Setyadi dalam kesempatan tersebut menyampaikan, Sosialiasi aplikasi SILACAK ini bertujuan untuk mencari dan memantau kontak erat dari kasus yang konfirmasi Covid 19 pada wilayah binaan para Babinsa yang berkerjasama dengan dinas kesehatan, sehingga memudahkan untuk menemukan data terkonfirmasi dengan cepat dan akurat sehingga cepat pula memperoleh penanganannya.

"Dengan adanya tracer menggunakan aplikasi SILACAK tersebut kita membantu memudahkan petugas Puskesmas dalam memantau orang yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi covid-19,” jelas Pasiter.

Lanjut Pasiter, dengan sosialisasi yang diberikan dirinya juga menekankan tentang pentingnya membangun kerja sama dan koordinasi antara tim Puskesmas dengan tracer dalam hal ini babinsa untuk penguatan 3T sehingga kasus konfirmasi sedini mungkin dapat ditindaklanjuti untuk mencegah penyebaran kasus Covid-19 serta pengentrian data pada aplikasi Silacak dapat dilaksanakan dengan maksimal.

“Tentunya dengan adanya kegiatan ini, dapat mendukung kegiatan Testing, Tracing dan Treatment (3T) di Kota dan Kabupaten Tegal , sehingga tujuan untuk terselenggaranya upaya percepatan pencegahan dan pengendalian Covid-19 dapat terwujud,” pungkas Kapten Inf Shokib.

Dengan adanya aplikasi SILACAK ini diharapkan dapat membantu dan mengevaluasi tentang sebaran covid-19 serta bagaimana penanganannya. Penggunaan aplikasi SILACAK pun mudah dilakukan, dan dapat dilakukan melalui android sehingga pelaporannya pun akan lebih terarah. Peran aktif babinsa sebagai ujung tombak di lapangan dapat menjadi pelopor dalam menekan penyebaran Covid-19 pada wilayah binaan (Pendimtegal/Mn)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Guna Mendukung Pelaporan Penanganan Covid-19, Babinsa Kodim Tegal dibekali Aplikasi SILACAK"

Posting Komentar