Jam Komandan, Dandim Pemalang Tegaskan TNI Tetap Loyal dan Solid Sebagai Pemersatu Bangsa - RADARDESA

TOP BERITA

Rabu, 14 September 2022

Jam Komandan, Dandim Pemalang Tegaskan TNI Tetap Loyal dan Solid Sebagai Pemersatu Bangsa


Pemalang - Komandan Kodim (Dandim) 0711/Pemalang Letkol Inf Roihan Hidayatullah, S.Sos., M.Tr(Han) memberikan jam komandan kepada seluruh anggota Perwira, Bintara dan Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Aula Oerip Soemohardjo Jl. Brigjen Katamso No. 43 kelurahan Sugihwaras Kec/Kab. Pemalang, Selasa (13/9/2022).

Dalam arahannya, Dandim Pemalang menyampaikan terkait dengan kebijakan pemerintah tentang kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), kepada anggota yang ada di wilayah agar memberikan edukasi atau penjelasan kepada masyarakat melalui Focus Group Discussion (FGD) dengan dasar atau referensi yang benar.

“Berikan bantuan semampunya kepada masyarakat yang terdampak kenaikan harga BBM, pantau terus bersama Polri di SPBU di wilayahnya” tambah Dandim.

Selanjutnya, Dandim juga menyampaikan pelaksanaan program unggulan Kasad yaitu ketahanan pangan, TNI Manunggal Air (TMA) dan Pencegahan stunting.

Kodim 0711/Pemalang menurut Dandim telah melaksanakan program ketahanan pangan dengan menanam jagung di lahan demplot seluas 2,9 Ha menggandeng stakeholder terkait dan bekerjasama dengan Dispertan Kab. Pemalang.

“Dengan jumlah penduduk kurang lebih 1.305.700 jiwa, tanaman jagung di lahan 2,9 Ha memang tidak signifikan untuk dapat memenuhi kebutuhan pangan di wilayah Pemalang, tetapi setidaknya sudah membuktikan bahwa Kodim Pemalang telah mengambil bagian dalam mensupport pemerintah daerah untuk mewujudkan swasembada pangan di Kab. Pemalang”, Ujarnya.

Untuk program TMA, telah membangun pompa Hydram di desa Majalangu kecamatan Watukumpul  untuk memenuhi kebutuhan air bersih 900 KK (2.500 jiwa) dusun Pekuncen dan Krajan,  melaksanakan penghijauan di sekitar mata air Tepus di desa Belik kecamatan Belik.

Sedangkan untuk penanganan stunting Kodim Pemalang menurut Letkol Inf Roihan telah melaksanakan penyuluhan tentang pencegahan stunting dan pendampingan di Puskesmas maupun Posyandu serta menggandeng pihak-pihak terkait untuk menjadi bapak asuh anak stunting.

“Kodim Pemalang juga telah memberikan Wawasan Kebangsaan kepada seluruh komponen masyarakat yang berada di wilayah Kodim 0711/Pemalang melalui kegiatan Komunikasi Sosial”, lanjutnya.

Lebih lanjut, Dandim juga menyampaikan, Kodim 0711/Pemalang akan menggelar apel  bersama TNI, Polri dan Pemda untuk mengantisipasi Bencana Alam (Bencal) di wilayah Kab. Pemalang.

Sementara untuk pelaksanaan Pilkades di wilayah Kab. Pemalang, Dandim mengatakan TNI netral tidak memihak salah satu pasangan calon kontestan dan menekankan kepada para Babinsa sebagai aparat kewilayahan agar menguasai wilayah dan melaksanakan tugas sesuai dengan fungsinya. 

Pada akhir arahannya Dandim berpesan kepada seluruh anggota agar menggunakan Medsos secara bijak dan senantiasa menjaga kesehatan di peralihan musim (Pancaroba) dengan berolahraga teratur, konsumsi makanan  yang bergizi dan istirahat yang cukup. 

Dandim juga menyampaikan bahwa TNI sesuai UU No. 29 tahun 1954 tentang pertahanan Negara, Presiden adalah Panglima Tertinggi Angkatan Perang Republik Indonesia, dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh Panglima TNI, Kasad, Kasal dan Kasau dalam penjabaranya adalah loyalitas yang tegak lurus kepada Presiden, Panglima TNI, Kasad ,Pangdam dan Danrem.

“TNI tetap loyal  dan solid sebagai pemersatu bangsa”, tegas Dandim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar