TMMD Sengkuyung Tahap III Kodim 0712 Tegal Sasar Desa Gunung Agung Kec.Bumijawa Kab. Tegal Resmi Dibuka - RADARDESA

TOP BERITA

Rabu, 12 Oktober 2022

TMMD Sengkuyung Tahap III Kodim 0712 Tegal Sasar Desa Gunung Agung Kec.Bumijawa Kab. Tegal Resmi Dibuka

 


Tegal – Program Operasi Bakti TNI melalui  TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0712/Tegal kembali dilaksanakan. Kali ini  melalui TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2022, Kodim 0712/Tegal menyasar sejumlah pekerjaan fisik dan non fisik di Desa Gunung Agung, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Kegiatan dengan tema “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI” akan berlangsung selama 30 hari sejak tanggal 11 Oktober 2022 hingga 9 November 2022 mendatang.

Pelaksanaan kegiatan ini diawali dengan penandatanganan berita acara penyerahan program TMMD dari Bupati Tegal, Dra Umi Azizah kepada Komandan Kodim 0712/Tegal yang diwakili Kepala Staf Kodim (Kasdim) Mayor Cba Eko Budi Sardjono selaku Dansatgas TMMD. Penyerahan berita acara dilaksanakan di Lapangan Dukuh Pengindangan Ds.Gunung agung  Kec.Bumijawa Kab. Tegal  saat  Upacara Pembukaan TMMD, Selasa, (11/10/2022).

Dalam laporan Perwira Seksi Teritorial Kodim 0712/Tegal Kapten Inf Shokib Setyadi selaku Perwira Pelaksana dalam laporannya menyampaikan TMMD Sengkuyung Tahap III Kodim 0712/Tegal kali ini dilaksanakan di Desa.Gunung Agung  Kec.Bumijawa Kab. Tegal, dengan sasaran fisik yang akan dilaksanakan yaitu Pemasangan Beton Bertulang dengan ukuran panjang 246,6 meter lebar 4 meter dengan tinggi 0,20 meter.

"Disasaran non fisik akan dilaksanakan penyuluhan sosialisasi TMMD, Penyuluhan Wasbang dan Bela Negara,Penyuluhan protokol kesehatan, Penyuluhan bahaya Stunting, Penyuluhan kenakalan remaja dan bahaya Narkoba, Penyuluhan KB Kesehatan dan Posyandu," terangnya.

Sementara Bupati Tegal, Dra. Umi Azizah dalam sambutanya menyampaikan melalui program TNI Manunggal Membangun Desa ( TMMD ) . Sebuah program pembangunan fisik dan non - fisik di tingkat desa sebagai cerminan kegotongroyongan antara TNI dengan Pemerintah Kabupaten Tegal , kepolisian , pemerintah desa dan masyarakatnya bahu - membahu memajukan desa menuju desa mandiri . Sekaligus menciptakan ketahanan nasional . Inilah bagian dari cara kita merawat dan mengikat kebersamaan untuk mengembangkan kekuatan , mengatasi segala bentuk persoalan yang ada di masyarakat demi kelangsungan hidup bangsa dan negara .

Di sini , saya mewakili segenap unsur dan elemen masyarakat khususnya Bumijawa mengucapkan Dirgahayu TNI , Tentara Nasional Indonesia kita yang telah dilaksanakan pada tanggal 5 Oktober lalu genap berusia 77 tahun . Mudah - mudahan , kemanunggalan TNI bersama rakyat bisa terusberjalan seiring perkembangan zaman , TNI mampu mengedepankan sikap profesionalnya , karena sejatinya TNI adalah tentara rakyat . TNI adalah Kita .

Selanjutnya , tak lupa apresiasi dan ucapan terima kasih saya sampaikan kepada pak Dandim yang melalui jajaran Kodim 0712 /Tegal akan bekerja melaksanakan kegiatan TMMD Sengkung Tahap III Tahun 2022 di Desa Batu Agung Kecamatan Bumijawa ini untuk membangun sarana fisik berupa jalan rabat beton sepanjang 237 meter dengan lebar 4 meter melalui pendanaan APBD Kabupaten Tegal senilai Rp 160 juta dan dukungan APBD Provinsi Jawa Tengah Rp 121 juta . Dan tidak tertutup kemungkinan , di mana ini juga selalu kita dorong adanya partisipasi masyarakat apakah itu dalam bentuk material , natura , hingga tenaga sehingga volume fisik jalannya bisa kita tambah .

Harapanya dengan adanya pembangunan infrastruktur diharapkan mampu memperlancar aksesibilitas warga dalam beraktivitas , termasuk mengangkut hasil bumi yang juga jadi lebih mudah.

Tidak hanya itu , pelaksanaan program TMMD ini juga menyasar aspek non fisik berupa penyuluhan tentang kesehatan , pencegahan stunting dan pembekalan wawasan kebangsaan yang saya rasa sangat penting untuk mencegah berkembangnya paham atau ideologi yang bertentangan dengan nilai - nilai Pancasila dan UUD 1945 , termasuk mencegah bahaya laten peredaran narkoba hingga perjudian yang nyata - nyata telah merusak moral dan mentalitas bangsa Indonesia. (pendimtegal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar