Hankam

Hankam

Dalam rangka Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2022 Kodim 0712/Tegal Gelar Upacara Bendera

 


Tegal - Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tahun 2022, Kodim 0712/Tegal melaksanakan Upacara Berdera yang diikuti oleh Prajurit dan PNS Kodim 0712/Tegal serta Satdisjan yang berlangsung  di Lapangan upacara Makodim 0712/Tegal jalan Raya Pagongan kecamatan Dukuhturi kabupaten Tegal. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Tepbek IV-44-01.A Mayor Cba Tunggal, Danup Pama rumkit IV. 04.07.01 Lettu Ckm Shomad, Paup Pama Kodim 0712/Tegal Kapten Arm Tarsono,.Rabu (10/11/2022)

Peringatan hari Pahlawan ini mengambil tema “Pahlawanku Teladanku  dengan semangat Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih kuat”, Menteri Sosial Republik Indonesia dalam amanatnya yang dibacakan oleh Inspektur Upacara Komandan Tepbek IV-44-01.A Mayor Cba Tunggal, mengatakan Melalui Peringatan Hari Pahlawan tahun 2022, marilah kita bersama-sama bahumembahu dengan penuh keikhlasan seraya memanjatkan doa terbaik bagi seluruh pahlawan bangsa yang gugur di medan laga.

Para pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran mempertahankan   kemerdekaan,   penting kita resapi semangat dan keikhlasannya. Dengan berbekal bambu runcing pun, para pahlawan dengan semangat bergerak serempak menghadang musuh  yang  merupakan  pemenang Perang  Dunia dengan persenjataan  terbaiknya. 

Para pejuang kemerdekaan Indonesia secara gagah berani melawan tentara-tentara  musuh yang bersenjata lengkap, tidak akan mau menyerah pada siapapun  juga.  Para pejuang  sepenuhnya  percaya bahwa  masa  depan  kita,  anak  dan  cucu  kandung revolusi Indonesia sangat layak untuk diperjuangkan. Para pejuang telah berkorban sampai tetes darah penghabisan untuk kemerdekaan yang sesungguhnya dan bukan pemberian dari siapapun, melainkan berkat dan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa.

Hari ini pun kita berada dalam perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata-nyata berada di hadapan kita. Pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, kiranya perlu kita persiapkan dengan sungguh-sungguh.

Menghadapi bencana alam termasuk  Pandemi  Covid-19  serta kelangkaan  sumber daya, harus senantiasa diperjuangkan secara bersama dengan kesungguhan. Kita mempunyai semua modal dasar untuk menjadi bangsa pemenang. Marilah kita bergerak bersama dan maju bersama dengan tekad untuk menang. Sekali Merdeka, Tetap Merdeka.

Untuk itu, kita harus meneruskan pengembangan dan  pemanfaatan  energi  baru  dan  terbaharukan, tidak mudah memang tapi pasti bisa, karena para pahlawan kita telah memberikan teladannya. Mereka pada masanya mengajarkan pada kita beragam nilai untuk kita tiru, kita warisi dan kita ikuti, sehingga jejak kemenangan niscaya akan berada dalam genggaman.

Dengan senjata, dengan pemikiran, dengan karya-karya nyata, para pahlawan bangsa telah mengajarkan kepada kita bahwa kita bukan bangsa pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi dengan tangan mengepal dan dada menggelora.

Dari Aceh hingga Papua, saya melihat dan merasakan geliat serta semangat untuk bangkit makin menyala.

Teladan dari para pahlawan bangsa yang telah merasuk sukma, kiranya menjadi semangat kita di peringatan Hari Pahlawan tahun ini, Pahlawanku Teladanku. Dengan semangat “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, peringatan Hari Pahlawan 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat. Janganlah kita mau untuk dipecah belah, ingatlah Seloka Bhinneka Tunggal Ika.

Ayo kita berantas kebodohan, perangi kemiskinan dan upaya pecah-belah bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Kita lawan paham radikal, kita tumbuh kembangkan semangat gotong royong untuk menyongsong masa depan yang cerah.

Pahlawan akan menjadi teladan bagi kita mengarungi masa-masa penuh tantangan. Teladan bagi kita menata masa depan dan menjadi pemenang. (Pendimtegal)

 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dalam rangka Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2022 Kodim 0712/Tegal Gelar Upacara Bendera"

Posting Komentar