TMMD Sengkuyung Tahap III Kodim 0712 Tegal, TNI Bangun Jalan Untuk Masyarakat - RADARDESA

TOP BERITA

Rabu, 09 November 2022

TMMD Sengkuyung Tahap III Kodim 0712 Tegal, TNI Bangun Jalan Untuk Masyarakat

 


Tegal - Sebelumnya Program Operasi Bakti TNI melalui  TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0712/Tegal di wilayah Desa Gunung Agung Kecamatan Bumijawa dibuka oleh Bupati Tegal pada 11 Oktober 2022 lalu.

TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2022  Kodim 0712/Tegal ini menyasar sejumlah pekerjaan fisik dan non fisik di Desa Gunung Agung, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal dan pada Rabu 9 November 2022 kegiatan TMMD resmi dilakukan Upacara penutupan kegiatan TMMD.

Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Charlie C.L Sondakh, SE  Inspektur Upacara penutupan kegiatan TMMD menegaskan bahwa kegiatan dengan tema “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI”  berlangsung selama 30 hari.

Dalam sambutannya Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Charlie C.L Sondakh, SE berharap masyarakat Desa Gunung Agung kecamatan Bumijawa mampu menjaga dan merawat fasilitas yang telah diberikan dari Bakti TNI Kodim 0712 Tegal.

" Jaga dan pelihara serta terapkan edukasi serta arahan yang telah diberikan anggota TNI Kodim 0712 Tegal dalam program TMMD." tegas Dandim 0712 Tegal.

Lebih lanjut,  Dandim 0712 Tegal menyampaikan dengan adanya pembangunan infrastruktur akan mampu memperlancar aksesibilitas warga dalam beraktivitas , termasuk mengangkut hasil bumi yang juga jadi lebih mudah.

Pelaksanaan program TMMD ini juga menyasar aspek non fisik berupa penyuluhan tentang kesehatan , pencegahan stunting dan pembekalan wawasan kebangsaan yang sangat penting untuk mencegah berkembangnya paham atau ideologi yang bertentangan dengan nilai – nilai Pancasila dan UUD 1945 ,

Nampak Hadir dalam giat penutupan TMMD, Bupati Tegal diwakili Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kab.Tegal Drs. Dadang Darusman M.M. Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Charlie C.L Sondakh, SE,.Kapolres Tegal diwakili Wakapolres Kompol Didi Dewantoro, SIK

Dan Lanal Tegal diwakili Palaksa (Mayor Mar Sukirno Hadi Wibowo) dan Kadis Permades Kab.Tegal Desy Afianto, S.Sos, MT.

Bahkan dalam menyampailan amanat Pangdam IV/ Diponegoro dalam penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 dan TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2022, melalui program  TMMD Reguler dan Sengkuyung berupaya membantu Pemerintah Daerah dalam mempercepat pembangunan di wilayah.

Hal ini guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama di daerah-daerah  3 T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal), perbatasan, daerah kumuh perkotaan maupun daerah yang dilanda bencana alam.

Sedangkan untuk sasaran fisik TMMD berupa pembangunan/rehab infrastruktur berupa jalan, jembatan, saluran irigasi, renovasi rumah ibadah, sekolah, rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni serta pembangunan sarana sanitasi warga dapat terselesaikan.

Sementara sasaran non fisik berupa sosialisasi terhadap Stunting, Posyandu dan Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM), penyuluhan Bela Negara, bahaya Narkoba, pertanian, peternakan, kesehatan dan lain-lain.

Menurut Dandim 0712 Tegal sasaran non fisik ini sangat dibutuhkan dalam rangka memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat dalam menangkal berbagai ancaman disintegrasi bangsa.

Diantaranya, penyalahgunaan Narkoba, aksi terorisme, meningkatnya aksi kriminalitas, serta isu bangkitnya kembali paham komunisme dan radikalisme, yang semuanya dapat mengancam stabilitas Ketahanan Nasional Indonesia.

Kegiatan TMMD ini merupakan wujud kepedulian Kodam IV/Diponegoro terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat guna mewujudkan Indonesia yang kuat.

Selain memelihara semangat gotong royong, sinergitas dan  silaturahmi dengan seluruh komponen, hasil program TMMD bermanfaat bagi warga masyarakat dan memiliki usia pakai yang panjang. (Pendimtegal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar