Babinsa Tonjong Siapkan Remaja Desa Jadi TNI


Brebes, Radardesa.com – Koptu Supriadi, Babinsa Koramil 09 Tonjong Kodim 0713 Brebes masih bersemangat untuk menyiapkan pemuda dan pemudi desa untuk menjadi prajurit TNI-AD bintara dan tamtama tahun 2023.

Disampaikannya, anak didiknya merupakan campuran dari beberapa sekolahan yang ada di wilayah Kecamatan Tonjong dan Kecamatan Bumiayu.

“Saat ini saya melatih sebanyak 12 orang anak, yaitu 10 orang laki-laki dan 2 orang perempuan, yang merupakan campuran dari murid SMA kelas 11 dan 12,” terangnya, Selasa (10/1/2023).

Adapun materi latihan yang diberikan meliputi lari joging ketahanan 5 km, 5 set lari sprint 100 meter, kemudian jasmani B berupa pull up, sit up, push up, shuttle run, dan langgers. Kemudian untuk ketangkasan renang berupa gaya dada/katak, sesuai gaya yang diujikan saat seleksi penerimaan prajurit.

“Untuk latihan jasmani A dan B dilatihkan setiap Minggu pagi, sedangkan renang kita laksanakan setiap hari Selasa dan Minggu di kolam renang terdekat,” sambungnya.

Menurutnya, jadwal latihan diadakan pada hari Minggu dan Renang Selasa sore, adalah di sela-sela kesibukan sebagai Babinsa dan agar tidak mengganggu aktivitas belajar para anak didiknya itu.

Menurutnya juga, menjadi prajurit tidak cukup hanya mengandalkan semangat saja, namun calon harus benar-benar siap secara fisik, mental, administrasi (nilai akademik dan psikotes), serta ditunjang postur yang ideal.

Supriadi menambahkan, pihaknya hanya mengarahkan dan memoles saja, selanjutnya adalah kemampuan para calon itu sendiri.

Terpisah disampaikan Dandim Brebes Letkol Infanteri Tentrem Basuki, apa yang dilakukan salah satu babinsanya itu merupakan kampanye kreatif rekrutmen TNI. (Aan/Red)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Babinsa Tonjong Siapkan Remaja Desa Jadi TNI"

Posting Komentar