Hankam

Hankam

Apa Itu Penyakit Kronis Degeneratif dan Solusinya


Brebes, Radardesa.com – Klinik Pratama Kartika 13 Brebes berkolaborasi dengan Laboratorium Klinik Prodia Tegal gelar penyuluhan penyakit kronis/degeneratif di Aula Jenderal Soedirman, Kodim 0713 Brebes. Jumat (17/2/2023).

Disampaikan dr. Hanif Robbani dari Klinik Pratama Kartika 13 Brebes, bahwa edukasi kesehatan itu guna memberikan pemahaman dan wawasan kepada KBT (Keluarga Besar Tentara) Kodim Brebes, khususnya yang berusia 40 tahun keatas atau usia rentan akibat menurunnya pembelahan sel tubuh.

“Penyakit degeneratif adalah kondisi kesehatan yang menyebabkan jaringan atau organ memburuk dari waktu ke waktu. Ada banyak penyakit degeneratif akibat proses penuaan atau bahkan memburuk selama proses penuaan,” terangnya.

Penyakit ini disebabkan oleh berbagai faktor yaitu efek langsung dari penggunaan normal tubuh, kesehatan yang buruk, atau gaya hidup tak sehat.

Lanjutnya, penyakit degeneratif diklasifikasikan menjadi tiga yaitu kardiovaskular, neoplastik, dan sistem saraf. Contoh untuk penyakit degeneratif kardiovaskuler yang paling umum adalah hipertensi, penyakit jantung koroner, dan infark miokard. Kemudian golongan penyakit neoplastik yaitu tumor dan kanker, sedangkan golongan penyakit yang sistem saraf antara lain parkinson dan alzheimer.

Selain ketiga kelompok tersebut, penyakit degeneratif lainnya yaitu degenerasi makula (penglihatan kabur), osteoarthritis (penyakit sendi), osteoporosis, lemah otot, diabetes, kolesterol, kelebihan asam urat, dan penyakit kronis lainnya.

Kebanyakan penyakit degeneratif dapat disembuhkan, namun untuk parkinson dan alzheimer tidak dapat disembuhkan, sehingga pengobatan keduanya hanya untuk membantu meringankan gejala sehingga pasien dapat hidup senormal mungkin.

beberapa kasus yang tidak dapat disembuhkan sehingga pilihannya adalah pengobatan untuk membantu meringankan gejala sehingga pasien dapat hidup normal.

“Beberapa jenis penyakit degeneratif yang paling umum adalah kanker, diabetes, parkinson, alzheimer,rematik, dan osteoporosis. Banyak orang-orang di dunia yang mengidap penyakit degeneratif tersebut dan bahkan menjadi salah satu penyebab utama kematian,” sambungnya.

Untuk materi kedua berupa kanker prostat, stroke dan penanggulangan hipertensi disampaikan oleh pemateri kedua yaitu Sri Kushartati SKM selaku Manager Laboratorium Prodia Tegal.

Disampaikannya, terlepas dari obat-obatan yang digunakan, perubahan pola hidup sehat seperti pola makan sehat dan olahraga teratur sangat penting untuk membantu mengatasi penyakit tersebut.

Ia pun berharap agar KBT Kodim Brebes kedepan akan lebih baik lagi menerapkan pola hidup sehat sehingga angka harapan hidupnya minimal bisa mencapai 72 tahun. (Aan/Red)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu Penyakit Kronis Degeneratif dan Solusinya"

Posting Komentar