Hankam

Hankam

Minimalkan Risiko Bencana Kodim Jayapura Canangkan Penanaman 200 Bibit Mangrove

 


JAYAPURA – Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan sebagai upaya pencegahan dini guna meminimalkan risiko terjadinya bencana alam. Sesuai dengan program Panglima TNI Laksamana TNI H. Yudo Margono, S.E., M.M., C.S.F.A. dalam melestarikan lingkungan pesisir, Kodim 1701/Jayapura melaksanakan pencanangan penanaman 200 pohon bibit mangrove di pesisir Pantai Holtekamp tepatnya di Kilo 10 Jalan Utama Holtekamp Pantai Enggros, Kampung Enggros, Distrik Abepura, Kota Jayapura. Kamis (6/4/2023).

Personel Babinsa Kodim 1701/Jayapura dipimpin Pasiter Mayor Inf Afandi dan didampingi oleh Danramil 1701-03/Abepura Lettu Inf Mustafa melaksanakan penanaman pohon bibit mangrove. Pencanangan penanaman mangrove ini sebagai tindak lanjut perintah dari Panglima TNI dalam mendukung program pemerintah untuk mengurangi imbas dari pemanasan Global. Disamping itu, kegiatan menanam pohon mangrove ini juga untuk mendorong masyarakat supaya lebih peka dalam memelihara lingkungan hidup.

Dalam pengarahannya saat mengambil apel, Pasiter Kodim 1701/Jayapura Mayor Inf Afandi menjelaskan bahwa, “Pencanangan penanaman bibit mangrove ini dalam rangka mempersiapkan penanaman yang nantinya akan diikuti oleh Bapak Pangdam dan Kasdam XVII/Cenderawasih serta Danrem 172/Praja Wira Yakthi pada tanggal 10 mei 2023 mendatang. Rencananya akan dilakukan vicon secara langsung dengan Panglima TNI secara serentak,” jelasnya.

“Penanaman ini baru tahap awal, nantinya secara bertahap akan dilaksanakan total 1.000 bibit pohon akan kita tanam di pesisir pantai Jayapura ini,” tegas Pasiter.

“Namun daripada itu, agar mangrove bisa tumbuh dengan baik dan tidak ada yang melakukan perusakan terhadap pohon yang sudah ditanam ini, diperlukan kerjasama dari semua pihak untuk mengawasi dan merawat tanaman tersebut sehingga keberlangsungan hidup tanaman ini dapat terjaga dan terjamin serta benar-benar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat banyak,” tandasnya.

“Selain itu juga dapat menjaga keseimbangan antara fungsi lingkungan dan pemanfaatannya, penanaman mangrove juga dapat mengurangi polusi atau pencemaran baik itu udara maupun air,” kata Pasiter.

Pasiter juga berharap, kegiatan ini dapat membantu Pemerintah Daerah baik Kota dan Kabupaten dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Dengan penanaman mangrove, setidaknya dapat mengurangi dampak kerusakan lingkungan yang dapat mengakibatkan bencana alam di wilayah Jayapura ini.

Lebih lanjut Pasiter mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan merawat tanaman mangrove ini, sehingga nantinya dapat bermanfaat bagi generasi mendatang.

“Dengan penanaman mangrove di pesisir pantai selain menjaga kelestarian lingkungan diharapkan juga dapat mengurangi abrasi laut serta menjadi tempat hidup bagi biota laut,” pungkas Mayor Inf Afandi. (Redaksi Papua)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Minimalkan Risiko Bencana Kodim Jayapura Canangkan Penanaman 200 Bibit Mangrove"

Posting Komentar