Hankam

Hankam

Dengan Semangat Untuk Bangkit Menuju Indonesia Emas 2045, Dandim 0712 Tegal Hadiri Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-115

 


Tegal - Pemerintahan kota Tegal memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-115 sebagai momentum untuk menguatkan semangat persatuan dan memajukan bangsa Indonesia menuju Indonesia Emas 2045 melalui upacara bendera di halaman Pendopo kota Tegal, Senin (22/05).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Danlanal Tegal Letkol Mar Moch Chanan Asfihani, M.Tr.Hanla. Sedangkan Perwira Upacara, Ws. Pasilog Kodim 0712/Tegal Kapten Inf Warmu, Komandan Upacara Danramil 03/Sumurpanggang Dim 0712/Tegal Kapten Arm Suroso.

Dalam Naskah Pidato Plt. Menteri Komunikasi dan Informatika RI Moh. Mahfud MD yang di bacakan Inspektur Upacara  Letkol Mar Moch Chanan Asfihani, M.Tr.Hanla menyampaikan Peringatan ini mengacu pada berdirinya Boedi Oetomo pada tahun 1908 yang menjadi tonggak awal persatuan perjuangan Indonesia.

"Boedi Oetomo didirikan dengan tujuan untuk memajukan bangsa dan mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat di mata dunia. Selama 3 tahun terakhir, Indonesia berhasil menghadapi dan melaksanakan penanganan pandemi COVID-19 dengan baik," ucapnya.

Ia menyampaikan Hari Kebangkitan Nasional ke-115 menjadi momen penting untuk membangun semangat kebangsaan dan bangkit pascapandemi. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional juga menjadi ajang untuk menghargai kolaborasi dan kerja sama antara Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, sektor swasta, akademisi, pers, dan seluruh elemen bangsa dalam menghadapi krisis global, seperti krisis kesehatan, perekonomian, dan geopolitik.

“Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa perekonomian Indonesia tumbuh dengan positif, mencapai 5,31% pada tahun 2022 dan 5,03% pada triwulan pertama tahun 2023,” ungkap Danlanal.

"Capaian ini menjadi dasar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan bangsa. Selain itu, Indonesia juga menunjukkan kepemimpinan yang kuat di tingkat internasional. Sebagai pemimpin G20 pada tahun 2022, Indonesia berhasil memperlihatkan kepiawaian dalam memimpin forum yang melibatkan 20 negara dengan kekuatan ekonomi terbesar," sambungnya.

Dirinya menuturkan Presidensi G20 Indonesia lalu mengusung tema "Recover Together, Recover Stronger" yang memperkuat citra Indonesia dalam mendorong semangat bangkit di tingkat global. Dalam posisinya sebagai ketua, Indonesia berkomitmen untuk mempercepat pemulihan global pascapandemi dan memperkuat peran ASEAN sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi dunia.

“Tingginya kepercayaan dunia terhadap Indonesia menjadi momentum bagi bangsa ini untuk menerapkan semangat kebangkitan nasional dalam menghadapi era pascapandemi COVID-19 dan menuju Indonesia Emas 2045,” ujarnya.

Mengutip dalam semangat dr. Soetomo, diharapkan seluruh komponen bangsa mempertahankan semangat kebangkitan nasional dengan kerja keras, kerja cerdas, dan kerja bersama.

Melalui peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-115 ini, Danlanal Tegal berharap bahwa bara api semangat kebangkitan yang dijaga saat ini akan menjadi penerang harapan dan penunjuk jalan bagi generasi penerus bangsa. (pendimtegal)

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dengan Semangat Untuk Bangkit Menuju Indonesia Emas 2045, Dandim 0712 Tegal Hadiri Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-115 "

Posting Komentar