Hankam

Hankam

Patut Dicontoh Upaya Normalisasi Saluran Drainase di Kluwut


Brebes, Radardesa.com – Babinsa Koramil 07 Bulakamba Kodim 0713 Brebes, Serda Rifai, memotivasi warga desa binaan, Desa Kluwut Kecamatan Bulakamba, untuk membersihkan saluran air di lingkungan pemukiman RW 1, 3, dan 4. Rabu (7/6/2023).

Dikemukakan Danramil 07 Bulakamba Kapten Infanteri Sutarno, bahwa kegiatan bersih-bersih tersebut bertujuan mengajak warga untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungannya.

“Memang sudah seharusnya saluran air dibersihkan agar tidak memicu banjir di pemukiman atau mencegah air agar tidak limpas ke jalan sehingga cepat merusak jalan,” ujarnya.

Selain itu Lanjut Sutarno, juga untuk mencegah berbagai penyakit khususnya melalui perantaraan nyamuk.

“Bersama perangkat desa kita juga menghimbau warga agar tidak membuang sampah di saluran irigasi atau sungai karena akan mencemari lingkungan, menyebabkan banjir, dan memicu timbulnya berbagai bibit penyakit,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Desa Kluwut, Zenal menyampaikan bahwa selain mengeruk sedimentasi di saluran pembuangan, juga dilakukan pembongkaran cor-coran di bahu jalan yang menutupi drainase.

Upaya itu dilakukan untuk mempermudah pembersihan sampah/sedimentasi di saluran air kedepannya.

“Ini merupakan upaya dalam mengembalikan fungsi dari saluran irigasi, karena di bawah cor-coran di bahu jalan sering memicu penyumbatan,” tegasnya. (Aan/Red)

 

Normalisasi saluran air, pembongkaran cor bahu jalan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Patut Dicontoh Upaya Normalisasi Saluran Drainase di Kluwut"

Posting Komentar