Hankam

Hankam

TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim Brebes Diresmikan


Brebes, Radardesa.com – PJ. Bupati Brebes Urip Sihabudin SH.MH meresmikan program TMMD Sengkuyung Kodim 0713 Brebes Tahap II tahun 2023, di Desa Kubangputat, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, melalui upacara yang dihadiri Forkopimda Brebes, Muspika Tanjung, segenap unsur/elemen di Kecamatan Tanjung, ormas, pelajar, serta disaksikan masyarakat sekitar. Rabu (12/7/2023). 

Selaku inspektur upacara (irup) di Lapangan Desa Kubangputat untuk membuka program tersebut, dirinya menyampaikan bahwa program TMMD akan dilaksanakan selama 30 hari kedepan yaitu tanggal 12 Juli – 10 Agustus 2023.


Untuk sasaran pembangunan meliputi sasaran fisik/infrastruktur serta sarana prasarana pendukungnya adalah peningkatan jalan desa (pengecoran jalan) sebagai penghubung antar dusun dan antar desa (Kubangputat-Sarireja).


Kemudian untuk sasaran non fisik berupa penyuluhan-penyuluhan, sosialisasi, pelatihan keterampilan, dan berbagai pelayanan publik seperti pasar murah, perpustakaan keliling, KB Kes, pemberian vitamin dan obat cacing kepada ternak, dan lain-lain.


“Dilaksanakannya sasaran non fisik yang berbasis desa yang berkolaborasi dengan unsur terkait itu bertujuan untuk peningkatan SDM dan kesejahteraan masyarakat setempat dan sekitarnya,” terangnya.


Lebih lanjut kata Urip, TMMD merupakan kolaborasi antara pemerintah dengan TNI untuk mempercepat pemerataan pembangunan khususnya infrastruktur di wilayah dalam upaya mengakselerasi kesejahteraan masyarakat, kemudian ketahanan masyarakat desa, serta ketahanan nasional.


“Program pembangunan lintas sektoral TMMD sangat membantu kerja pemda dalam mendongkrak IPM (Indeks Pembangunan Manusia) Brebes khususnya di sektor pendidikan, perekonomian, dan kesehatan,” sambungnya.


Untuk itu, kolaborasi dengan TNI selaku mitra pemda itu diharapkan menuntaskan banyak PR untuk mengejar pekerjaan/pembangunan selanjutnya.


Ia yakin bahwa pekerjaan di Desa Kubangputat itu akan selesai tepat waktu karena semua pihak dirangkul termasuk warga setempat untuk bergotong-royong sambil menghidupkan semangat nasionalisme.


Untuk itu dirinya meminta khususnya warga masyarakat Kubangputat agar maksimal dalam membantu TNI demi kemajuan desa mereka.


Sementara itu disampaikan Dandim Brebes Letkol Infanteri Tentrem Basuki, bahwa sasaran utama pekerjaan meliputi rabat beton sand sheet di 9 titik dengan panjang total 1,2 kilometer.


Dengan ditingkatkannya infrastruktur itu maka diharapkan bisa memangkas jarak tempuh warga ke kota atau mendapatkan berbagai pelayanan di kantor desa.


Selain jalan, pekerjaan fisik tambahan berupa rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik warga setempat yang kurang mampu sebanyak 5 unit.


“Sebelum pekerjaan mulai diresmikan hari ini, kita sudah melakukan pra TMMD sejak akhir Juni 2023 lalu, agar seluruh target selesai dalam satu bulan kedepan,” tegasnya.


Untuk diketahui, seluruh kegiatan TMMD Sengkuyung di Kubangputat baik kegiatan fisik maupun non fisik didukung dari APBD kabupaten senilai Rp. 1 milyar. (Aan/Red)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim Brebes Diresmikan"

Posting Komentar