Hankam

Hankam

Penuhi Target, TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2023 Kodim 0712 Tegal Resmi Ditutup

 


Tegal – Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, SE. MM dan Dandim 0712/Tegal, Letkol Inf Suratman, S.I.P., M.I.P, secara resmi menutup program TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2023 di tandai dengan penandatanganan berita acara. Upacara penutupan TMMD digelar di Lapangan Kelurahan Margadana, Kecamatan Margadana, kota Tegal, Kamis (10/08/2023).

Letkol Inf Suratman, S.I.P., M.I.P, membacakan amanat Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono. Menyampaikan, program TMMD adalah merupakan salah satu Program Bakti TNI guna mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat. Program TMMD yang mulai dilaksanakan sejak tahun 1980-an dimana dulunya dikenal dengan sebutan Program ABRI Masuk Desa (AMD) yang manfaatnya sangat dirasakan bagi masyarakat khususnya bagi yang tinggal di daerah pedesaan.

tujuan diselenggarakannya TMMD ini adalah untuk membantu program Pemerintah Daerah dalam percepatan pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur serta penanganan permasalahan sosial masyarakat di wilayah terpencil, terpelosok, dan kawasan perbatasan.

TMMD ke-117 tahun 2023 kali ini  mengangkat tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat”. Tema ini mengandung makna bahwa TNI bersama dengan Pemerintah Daerah, Polri, dan masyarakat secara bersama-sama melaksanakan proses percepatan pembangunan fasilitas umum dan sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara.

TMMD Reguler tahun ini diselenggarakan di beberapa Kabupaten di Jawa Tengah antara lain Kabupaten Banyumas, Kulonprogo, Grobogan, dan Karanganyar. Selain empat Kabupaten tersebut, seluruh Kodim di jajaran Kodam IV/Diponegoro juga menyelenggarakan TMMD Sengkuyung atau imbangan sebagai tekad Kodam IV/Diponegoro dalam membantu percepatan pembangunan di daerah secara menyeluruh.

Selama kurang lebih satu bulan para Prajurit Kodam IV/Diponegoro, Pemerintah Daerah dan segenap komponen masyarakat saling bahu-membahu, tanpa mengenal lelah berupaya menyelesaikan program TMMD ke-117. Kebersamaan ini merupakan bentuk sinergitas yang positif dalam menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara.

Sementara Danramil 03/Sumurpanggang Kapten Arm Suroso mengatakan dalam laporan Perwira Pelaksana TMMD Sengkuyung tahap II Tahun 2023 di Kelurahan Margadana  Kec. Margadana kegiatan TMMD Sengkuyung ini dilaksanakan selama 30 hari sejak 12 Juli hingga 10 Agustus 2023, telah berhasil menyelesaikan Pemasangan Saluran U-Ditch sasaran pertama sepanjang 1,20 Meter, Lebar 0,80 Meter, Tinggi 0,80 Meter, dan sasaran kedua sepanjang 124,8 Meter serta Cover 17 Buah.

Kemudian Pemasangan Box Cuilvert dengan sasaran pertama sepanjang 1 Meter, Lebar 0,80 Meter, Tinggi 0,80 Meter dan sasaran kedua sepanjang 6 Meter serta Cor Beton 0,48 M³.

 “Pembangunan itu memang tugasnya Pemerintah, tetapi bukan berarti masyarakat menerima begitu saja. Ada kewajiban juga untuk bersama-sama membangun apa yang sudah menjadi program-program Pemerintah. Kita sebagai warga negara Indonesia yang baik, wajib ikut membantu dan menjaga apa yang menjadi program pemerintah,” tegasnya.(pendimtegal)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penuhi Target, TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2023 Kodim 0712 Tegal Resmi Ditutup"

Posting Komentar