Hankam

Hankam

Apel Akbar Dan Tasyakuran Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-59 Tingkat Kabupaten Tegal Tahun 2023

 


Tegal – Komandan Kodim 0712/Tegal Letkol Inf Suratman, SIP., MIP menghadiri Apel Akbar dan Tasyakuran Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 Tingkat Kabupaten Tegal Tahun 2023, dengan Tema “Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju”  bertempat di Lapangan Pemkab Tegal,  Jl. Dr Soetomo No 1 Slawi, Kab. Tegal, bertindak sebagai Pembina Apel Bupati Tegal Dra Hj Umi Azizah, Komandan Apel Lettu Ckm Shomad (Rumah Sakit TK. IV Pagongan Tegal). Selasa (14/11/2023)

Hadir dalam kegiatan Bupati Tegal Dra Hj Umi Azizah, Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Suratman, SIP.,MIP, Kapolres Tegal diwakili Kasat Binmas AKP Bambang Swidagdo, SH.,MAP, Kadinkes Kab. Tegal dr. Ruszaeni, SH.,MM, Kajari Kab. Tegal diwakili Kabag Kepegawaian TU dan Keuangan Bpk. Sugeng Pranoto, Ketua umum HKN ke-59 Kab. Tegal M. Nurhuda, Ns., M.Kes, Direktur RS se-Kab. Tegal, Kepala Puskesmas se-Kab Tegal, Jajaran tenaga kesehatan Kab. Tegal dan Tamu undangan lainnya.

Pada apel tersebut, Bupati Tegal Dra. Hj. Umi Azizah membacakan amanat Menteri Kesehatan RI, Indonesia tengah mengalami periode bonus demografi yang terjadi hanya satu kali dalam peradaban sebuah negara. Kita, Bangsa Indonesia, harus bekerja keras memanfaatkan peluang ini sebagai momentum Indonesia lolos dari Middle-income Trap, menjadi negara berpendapatan tinggi, serta mencapai visi Indonesia Emas 2045. Manusia Indonesia yang sehat dan cerdas adalah kunci mencapai masa keemasan itu. Karenanya, Tema Hari Kesehatan Nasional Ke-59 Tahun 2023, yaitu transformasi kesehatan untuk indonesia maju mutlak kita laksanakan.

Setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan. Dan negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan yang layak. Itulah amanat UUD 1945 bagi kita. Berdasar mandat itulah, enam pilar transformasi Kesehatan penopang sistem kesehatan Indonesia harus kita bangun bersama dengan serius dan terus menerus.

Pasca disahkannya Undang-undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang kesehatan, pemerintah kini sedang menyusun rencana induk Bidang Kesehatan (Atau Ribk), yang akan berfungsi sebagai haluan bersama dalam upaya pembangunan kesehatan di seluruh Indonesia. Pesan saya, ribk harus diacu oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam merencanakan, menganggarkan, dan mengimplementasikan program kesehatan di wilayahnya.

Pemerintah pusat tidak mampu Melakukannya Sendiri. Hanya dengan sinergi yang kuat dan kolaborasi yang erat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan seluruh elemen masyarakat, enam pilar transformasi kesehatan bisa kita tegakkan untuk perubahan yang lebih baik.

Setelah apel Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 Kab. Tegal tahun 2023 di lapangan Pemkab Tegal selesai dilanjutkan penyerahan bantuan air bersih 50 tangki kepada daerah di Kab. Tegal yang kekeringan secara simbolis. (pendimtegal)

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apel Akbar Dan Tasyakuran Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-59 Tingkat Kabupaten Tegal Tahun 2023"

Posting Komentar