Hankam

Hankam

Dandim 0712 Tegal Hadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

 


Tegal - Dandim 0712/Tegal, Korem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Suratman, SIP., MIP menghadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, upacara peringatan tersebut mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” bertempat di Halaman Pendopo Ki Gede Sebayu Balaikota Tegal Kel. Mangkukusuman Kec. Tegal Timur Kota Tegal. Sabtu (01/06/2024).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Pj. Walikota Tegal Dadang Somantri, ATD., MT, Perwira upacara Kapten Inf Kiswendi (Ws. Pasi Pers Kodim 0712/Tegal), Komandan upacara Kapten Inf Bambang Kalisno Danramil 01/Tegal Barat.

Dalam amanatnya Pj. Walikota Tegal Dadang Somantri, ATD., MT., selaku Inspektur Upacara membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia menyampaikan pada hari ini tanggal 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila, dimana Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang BPUPK. Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045". Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila dapat menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Bangsa Indonesia patut bersyukur karena sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional "Bhinneka Tunggal Ika".

Momentum saat peringatan Hari Lahir Pancasila ini harus dimanfaatkan dengan baik. Kita harus membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar. Sebagai leitstar dinamis, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini.

Dalam konteks perkembangan situasi global, perkembangan teknologi komunikasi yang pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Pancasila diharapkan dapat menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. Kemajuan teknologi informasi saat ini yang sangat cepat harus dimanfaatkan secara bijaksana agar dapat menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Seluruh komponen bangsa perlu mengarusutamakan Pancasila menggunakan metode kekinian untuk menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

Dengan semangat Pancasila yang kuat, maka seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia dapat diatasi. Terlebih lagi, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya. Kita harus bersyukur dan bangga bahwa bangsa Indonesia telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa, dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa, dan bernegara, terbukti dari Pemilihan Umum yang demokratis secara aman dan damai demi tegaknya kedaulatan rakyat, konstitusi serta persatuan dan kesatuan bangsa.

Mengakhiri pidato ini, seluruh komponen bangsa diharapkan dapat bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua untuk kejayaan bangsa dan negara Indonesia.

Tidak dapat dipungkiri bahwa Pancasila sangat penting dalam membina ketahanan dan persatuan bangsa Indonesia. Pancasila menjadi ideologi yang mampu mengatasi kesenjangan sosial dan ideologi yang memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Semoga Pancasila selalu menjadi pedoman dalam setiap aspek kehidupan masyarakat Indonesia hingga ke depannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dandim 0712 Tegal Hadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024"

Posting Komentar