Hankam

Hankam

Alokasi Dana Desa Tahap I Tahun 2015 di Desa Cikandang Diduga Mengendap

Luragung-20151206-00705

Radardesa-Kuningan
Sekian persen Alokasi Dana Desa (ADD) tahap ke-1 tahun anggaran 2015 di Desa Cikandang Kecamatan Luragung diduga telah mengendap berbulan-bulan.   Indikasinya, pembangunan salah satu jalan lingkungan dusun barat yang menggunakan sumber dana dari kucuran keuangan pemerintah daerah dimaksud ternyata hingga saat ini tidak rampung 100 %. Menurut rencana yang sudah tertuang dalam RAPBDes perbaikan jalan lingkungan tersebut dalam finishing akan dilakukan pengaspalan, namun faktanya sampai saat ini hanya ditempuh melalui pengerjaan rabat beton. Lebih ironisnya, rabat beton jalan lingkungan  yang baru beberapa bulan dikerjakan kini sudah mengalami kerusakan. Pada beberapa titik sudah terlihat terjadi pengelupasan.
Ketika dikonfirmasi radardesa pada Minggu (06/12), Pemerintah Desa Cikandang melalui Ketua Tim Pengelola Kegiatan (TPK), Tarna mengakui pengaspalan jalan lingkungan dusun barat belum dikerjakan. Menurutnya, rencana pengaspalan belum dilakukan sehubungan sumber dana yang diperuntukkan bagi kegiatan tersebut dialihkan pada kepentingan pos lain."Pengaspalan belum diwujudkan karena dananya tidak ada terpakai kebutuhan untuk balaidesa,"terangnya.
Tarna membenarkan, kegiatan perbaikan jalan lingkungan di dusun barat itu menggunakan sumber anggaran dari ADD tahap ke-1. Dia menegaskan, selaku TPK siap melaksanakan pekerjaan sesuai tugasnya jika dana yang dibutuhkan diserahkan kepada pihaknya."Kami mengakui pengaspalan sampai saat sekarang belum direalisasikan,"tandasnya.
Hal senada dikemukakan, Kaur Ekbang Desa Cikandang, Rusdiana ketika ditemui Radardesa dikediamannya. Dia mengatakan, Dana ADD tahap ke-1 sekitar Bulan Mei / Juni untuk kegiatan pembangunan fisik dianggarkan sekitar Rp 83 jutaan. Nilai uang sebesar itu sambungnya, sudah termasuk perbaikan dan pengaspalan jalan lingkungan di dusun barat sesuai RAPBDes."Memang dalam rencana kerja jalan lingkungan itu akan diaspal,"ungkapnya.
Namun Ia memberi penjelasan, serangkaian agenda kegiatan yang berlangsung beberapa waktu terakhir ini, membuat konsentrasi pemerintah desa terbagi."Kami juga disibukkan dengan pelaksanaan Pilkades sehingga program pengaspalan jalan lingkungan di dusun barat tersebut menjadi tertunda,"ucap Rusdiana.
Hasil penelusuran lain yang sudah ditempuh radardesa, berkaitan dengan masalah itu, Lembaga Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat pada Minggu (13/09) lalu sudah mengadakan Rapat Pimpinan (Rapim). Salah satu point yang dihasilkan dalam kesimpulan Rapim BPD itu meminta agar Pemerintah Desa memberikan salinan RAPBDes, RAB dan SPJ dari setiap kegiatan pembangunan yang dilaksanakan."Kami sudah melaksanakan Rapim BPD dan menghasilkan beberapa kesimpulan,"jelas Dedi Lukanda selaku Ketua BPD saat ditemui dirumahnya beberapa waktu ke belakang.  Dedi juga mengatakan dalam Rapim itu, salah seorang anggotanya sempat mempertanyakan mengapa rabat beton jalan lingukungan di dusun barat tidak dilapisi aspal.

Terpisah,  Pj.Kepala Desa Cikandang (red.menjabat saat ADD tahap ke-1), Suhardi pernah dikonfirmasi radardesa di kediamannya terkait persoalan ini menjelaskan,  pengaspalan jalan lingkungan dusun barat akan segera dilaksanakan. Suhardi ketika itu mengungkapkan,  pemerintah desa dihadapkan dengan kesibukan beberapa kegiatan penting termasuk salah satunya pelaksanaan Pilkades."Sesudah situasi memungkinkan kami segera mengerjakannya sebab aspalnya juga sudah ada,"pungkasnya. * nacep s.

 

Luragung-20151206-00704 Luragung-20151206-00703 IMG-20151206-00702

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alokasi Dana Desa Tahap I Tahun 2015 di Desa Cikandang Diduga Mengendap"

Posting Komentar