Tiup Semangat Proklamasi RI ke-71, Karang Taruna Dusun Wage Luragunglandeuh Gelar Malam Pentas Seni

P1020948

Radardesa-Kuningan,
Karang Taruna Sub Unit Dusun Wage Desa Luragunglandeuh Kabupaten Kuningan menggelar malam pentas seni pada Kamis (18/08) tadi malam. Kegiatan tersebut selain diselenggarakan untuk menutup serangkaian acara peringatan Dirgahayu RI ke-71, agenda yang muncul dari inisiatif serta gagasan kalangan muda setempat dimaksud dilangsungkan untuk meniupkan semangat serta nilai-nilai Proklamasi Kemerdekaan RI.
Dalam sambutannya sebelum pentas seni dimulai, Ketua Karang Taruna Sub Unit Dusun Wage, Amun mengatakan generasi muda yang berada dalam satu ikatan kewilayahan dusun setempat sengaja menyelenggarakan kegiatan serupa itu untuk membuktikan, ditengah-tengah perkembangan kemajuan zaman dewasa ini, generasi muda terus berupaya menjaga kecintaan pada sejarah."Proklamasi 17 Agustus 1945 yang telah dipetik melalui perjuangan sangat berat para pahlawan di negeri ini harus kita jaga salah satunya melalui peringatan seperti ini,"kata Amun.
Dia menjelaskan, kewajiban generasi muda saat ini adalah mengenang jasa-jasa para pejuang melalui peran nyata mengisi kemerdekaan. Menurutnya, sebagai penerus estafet perjuangan maka dipundak kalangan muda ini nasib dan bangsa kedepan dipertaruhkan."Kami mengajak seluruh rekan-rekan muda siap dan tangguh menjawab tantangan ini,"ucapnya.
Ditegaskannya, dalam mengisi kemerdekaan tersebut sebagai generasi harapan bangsa, dirinya menghimbau agar jati diri pemuda mencoba meneladani sikap-sikap luhur yang sudah dicontohkan para pejuang bangsa dimasa lalu."Kita jangan menjadi generasi yang lemah terbawa arus dekadensi (kebobrokan) moral yang sekarang kerap melanda para remaja,"harap Amun berpesan.
Pada kesempatan tersebut, Dia juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada seluruh jajaran panitia pelaksana yang sudah menunjukan kinerja secara kolektif."Kita harus mempererat persatuan dan silaturahmi agar tetap kompak dan kondusif menjalankan program yang ada,"tandasnya.

Amun merinci, dari mulai awal Agustus lalu jajaran panitia pelaksana sudah menyelenggarakan berbagai kegiatan yang pesertanya dari tingkat anak-anak, remaja dan juga dewasa.  Seluruh kegiatan yang bersifat lomba sambungnya, merupakan kegiatan olahraga yang lebih mengarah bersifat hiburan."Alhamdulilllah antusias warga cukup tinggi sehingga setiap perlombaan selalu dipadati peserta,"bebernya.
Selanjutnya, apresiasi secara khusus Dia sampaikan terhadap jajaran Pemerintah Desa Luragunglandeuh yang dinahkodai Kepala Desanya, Uga Nugraha yang sudah memberi dukungan luar biasa terhadap kelancaran kegiatan peringatan Dirgahayu RI di Dusun Wage tersebut."Kami Karang Taruna Dusun Wage juga siap membantu berbagai program yang berjalan di tubuh pemerintah desa,"sambungnya.
Sementara itu masih di tempat yang sama, Kepala Desa Luragunglandeuh, Uga Nugraha merasa bersyukur serta sangat bangga dengan seluruh rangkaian kegiatan yang dilangsungkan Karang Taruna dusun setempat itu dalam rangka peringatan HUT RI."Kami atas nama Pemerintah Desa sangat mengapresiasi apa yang sudah diperlihatkan rekan-rekan Karang Taruna Sub Unit Dusun Wage ini,"ucap Uga.
Menurutnya, momen serupa juga menjadi sejarah bagi Dusun Wage karena dapat kembali menggelar acara pentas seni setelah beberapa tahun sempat tidak berjalan."Gelaran seperti yang dipentaskan malam ini harus terus menjadi agenda rutin tahunan karena akan menjadi perekat silaturahmi antara generasi muda dengan warga lainnya,"saran pria familiar ini.
Hal lain Uga sempat mengungkapkan, partisipasi serta swadaya masyarakat Dusun Wage dalam kegiatan pembangunan di desa terbilang sangat baik. Respon warga disini lanjutnya, pada saat menerima kucuran program dari pemerintah begitu sangat peduli dan luar biasa kompak."Selaku kepala desa kami berterima kasih dengan dukungan moral seperti itu,"kata Uga lagi.

Dia sempat mengenang swadaya masyarakat Dusun Wage yang sangat tinggi ketika membangun balai dusun beberapa waktu ke belakang. Dibawah kepemimpinan langsung Kepala Dusun, Dasja saat itu gedung balai dusun dapat diselesaikan dengan menghabiskan anggaran mencapai Rp 115.000.000.. "Kami pemerintah desa memberi stimulan bantuan dari PADes Pasar senilai 25 juta rupiah dan kekurangannya dirampungkan melalui swadaya luar biasa sekitar 90 juta rupiah dari warga Dusun Wage ini,"kenang suami Ny.Nurhasanah Nugraha ini.
Sebelum mengakhiri pembicaraan, Uga juga menyampaikan selamat kepada Ibu-ibu penggerak PKK Pos Yandu 'Merak' Dusun setempat yang sudah berhasil memboyong Juara ke-2 dalam lomba Pos Yandu tingkat Kecamatan Luragung."Desa kita juga menjadi Juara Pertama peserta Pawai Alagoris pada puncak perayaan 17 Agustus kemarin,"terangnya bangga.

Kepala Desa yang masih muda ini juga sempat menyinggung seni tradisi 'cingcowong' merupakan seni legendaris kebanggaan masyarakat Luragung yang sudah mendapatkan legitimasi (pengakuan) di tingkat nasional."Kita memiliki asset yang sangat bernilai historis (sejarah) dan terletak di Dusun Wage ini,"tukasnya.
Atas pencapaian tersebut, pihaknya menyampaikan terima kasih terhadap seluruh lapisan masyarakat tanpa kecuali kepada Warga Dusun Wage."Kami juga merasa berterima kasih secara pribadi kepada Kang Tasim Pitok sebagai Mantan Ketua Karang Taruna Desa Luragunglandeuh yang selalu memberi motivasi serta bimbingan terhadap ade-ade mudanya disini,"sambung Uga.

Masih dalam kesempatan yang sama, Kepala Dusun Wage, Jun Juhaeni menyatakan rasa terima kasih kepada Ketua Tim Penggerak PKK Desa Luragunglandeuh, Ny.Nurhasanah Nugraha yang sudah bergandeng tangan dengan Ibu-ibu kader Pos Yandu di dusunnya itu."Keberhasilan Tim Pos Yandu Merak Dusun Wage meraih juara ke-2 tingkat kecamatan juga tentu saja tidak terlepas dari peran sertanya dalam membina para kader,"ucap Jun memberi penghargaan.

Pantauan Radardesa di lokasi ,  kemeriahan sangat jelas tergambar. Sejumlah pengurus dan anggota karang taruna terlihat sangat menikmati momen tersebut.  Tampak juga tokoh masyarakat dusun disitu, seperti Ketua RW, Barjan, Mantan Ketua Karang Taruna Desa Luragunglandeuh Bung Pitok, O Tarkim, Elim Caslim serta para Ketua RT. Mereka bergantian berjoget diiringi Group Organ setempat 'Nabil Music' pimpinan Bung Mora.* nacep suryaman.

P1020946 P1020945 P1020941 P1020947 P1020940

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tiup Semangat Proklamasi RI ke-71, Karang Taruna Dusun Wage Luragunglandeuh Gelar Malam Pentas Seni"

Posting Komentar