Hankam

Hankam

Diduga Timbulkan Kerusakan Jalan , Warga Minta Pemkab Kuningan Tinjau Aktivitas Angkutan Proyek Pembangunan Kandang Ayam

jalan rusak ke- 4

Radardesa-Kuningan,
Sejumlah warga yang berada di sekitar lokasi pembangunan kandang ayam di Desa Sindangsari Kecamatan Luragung meminta pihak Pemerintah Kabupaten Kuningan segera melakukan tinjauan terhadap aktivitas transportasi (angkutan) kegiatan proyek tersebut. Ditengarai intensitas arus serta bobot kendaraan pengangkut berbagai material ke tempat itu belakangan menjadi salah satu penyebab terjadinya kerusakan jalan.
Hal tersebut dikemukakan Kepala Desa Walaharcageur, Agus Sudianto saat ditemui Radardesa di ruangan kerjanya, Selasa (09/05). Menurutnya, kondisi jalan yang menghubungkan arus dari Desa Sindangsari menuju ke desanya sekarang rusak memprihatinkan.”Pada saat kami serta warga pengguna jalan melintas ke jalur tersebut menjadi tidak nyaman,”ucap Agus.
Bahkan Dia menerangkan beberapa orang warganya yang mengendarai sepeda motor sempat tergelincir pada titik lokasi kerusakan. Memang lanjutnya, tingkat kerusakan semakin nampak sehingga memerlukan kehati-hatian pengguna jalan.”Kami belakangan ini sering mendengar keluhan warga terkait rusaknya jalan tersebut,”jelasnya.
Agus sendiri mengungkapkan kerusakan jalan semakin terasa sesudah dibukanya proyek pembangunan kandang ayam yang berada ditepi jalur perlintasan tersebut. Menurutnya, kendaraan pengangkut bahan material yang membawa kebutuhan proyek setidaknya turut menjadi penyebab terjadinya percepatan rusaknya badan jalan.”Kami atas nama pemerintah desa serta masyarakat Walaharcageur yang paling banyak menggunakan jalur tersebut memohon Pemkab Kuningan segera meninjau dan mengawasi lokasi dimaksud,”pinta Agus tegas.
Menguatkan hal itu, Kepala Desa Dukuhmaja E. Taswin saat dimintai pendapatnya juga menyatakan dirinya memang merasakan ada kerusakan yang terjadi pada beberapa titik dijalur tersebut. Dia berani mengatakan seperti itu sehubungan beberapa kali melintas jalur dimaksud melihat badan jalan yang melesak.”Kami saat menuju ke Desa Walaharcageur melalui jalur itu memang melihat langsung kondisi jalan yang rusak,”tandasnya.
Sementara itu, pihak PT. Kurnia Cipta Mandiri Abadi (KCMA) selaku Pelaksana Lapangan Pembangunan Kandang Ayam dimaksud melalui Site Manager, Wahyu Suryanto mengakui adanya kerusakan jalan pada jalur yang dilalui kendaraan pengangkut bahan-bahan material ke proyeknya.”Iya betul ada beberapa titik kerusakan jalan disekitar jalur menuju proyek ini,”katanya.
Sehubungan itu Dia menegaskan pihaknya akan turut bertanggungjawab melakukan perbaikan atas kerusakan-kerusakan tersebut. Bahkan, untuk memperlihatkan kesungguhan itu pihaknya sudah membuat satu komitmen kesepakatan dengan Kepala Desa Cigedang dan Kepala Desa Sindangsari.”Sesudah pembangunan ini tuntas kami akan melakukan perbaikan jalan,”bebernya.
Selain itu, Wahyu menyatakan kesediaan untuk memberi kenyamanan bagi pengguna pengendara motor perbaikan-perbaikan kecil akan dilakukan pada titik-titik kerusakan yang cukup parah.”Perbaikan-perbaikan kecil siap kami lakukan dengan cara melakukan pengurugan pada jalan-jalan yang amblas serta berlubang,”sambungnya.
Secara terpisah, Kepala Desa Sindangsari, Juhriatna membenarkan jika pihaknya beserta Kepala Desa Cigedang sudah mengadakan komunikasi dengan pihak pelaksana lapangan PT.KCMA terkait masalah kerusakan jalan. Menurutnya, sudah ada komitmen yang disampaikan akan turut bertanggungjawab memperbaiki setelah pekerjaan proyek selesai.”Jika diperbaiki sekarang sementara proyek belum tuntas dikhawatirkan akan terjadi lagi kerusakan,”ucapnya memprediksi.
Sebelum mengakhiri pembicaraan, Juhriatna meminta pihak Pemkab Kuningan juga segera melirik perbaikan jalan pada jalur dimaksud.”Jalan itu merupakan jalan kabupaten sehingga menjadi tanggungjawab Pemkab juga untuk merawatnya,”pungkasnya.
Pada tempat berbeda, Camat Luragung Beni Prihayatno ketika dikonfirmasi seusai menyaksikan acara Pelantikan Perangkat Desa Cikaduwetan mengatakan, pihaknya akan segera melakukan peninjauan ke lokasi serta akan berkoordinasi dengan para kepala desa wilayah terkait.”Kami segera melihat ke lokasi dan akan berkoordinasi dengan para kepala desa setempat,”kata Beni.
Dia berharap sudah ada langkah yang dilakukan kepala desa berkomunikasi dengan pihak pelaksana proyek kandang ayam guna membicarakan solusi perbaikan jalan itu. Disamping juga lanjut Camat, kepala desa diminta terus pro aktif menempuh ajuan perbaikan jalan dimaksud kepada Pemkab Kuningan.”Kami nanti turut mendorong pengajuan ini terlebih lagi perbaikan jalan pada jalur itu sudah masuk dalam musrenbang kecamatan,”tegasnya. * nacep suryaman.


jalan rusak ke- 1jalan rusak ke- 2jalan rusak ke- 3jalan rusak ke- 4

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Diduga Timbulkan Kerusakan Jalan , Warga Minta Pemkab Kuningan Tinjau Aktivitas Angkutan Proyek Pembangunan Kandang Ayam"

Posting Komentar