Hankam

Hankam

Milad Pemuda Muhammadiyah Ke-85 “ JADIKAN TEGAL SEBAGAI KABUPATEN LAYAK UNTUK PEMUDA “

IMG-20170514-WA0009Adiwerna,radardesa.com   Pada hari Sabtu malam Ahad, 13 Mei 2017 di halaman komplek Gedung Dakwah Muhammadiyah Tembok Banjaran telah diadakan malam refleksi Milad Pemuda Muhammadiyah ke-85 tahun 2017 tingkat kecamatan Adiwerna.


Acara yang dikemas cukup sederhana namun kaya akan makna ini dilaksanakan dengan tema “ ndospok bareng wong enom “ mendatangkan ketua  oleh ketua KNPI Kab. Tegal samsul Falah dan Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kab. Tegal Heri Susanto.


“ kami sengaja mengadakan acara dengan tema yang bergaya Tegalan, karena budaya ndospok sambil moci  bergaya santai yang terkadang justru melahirkan ide- ide besar yang bermanfaat,sebagaimana yang telah dicontohkan oleh pendahulu  pejuang bangsa dalam merebut kemerdekaan Indonesia oleh gerakan – gerakan kepemudaan yang muncul justru dari diskusi – diskusi kecil “ ujar M.Wahyudi selaku ketua Pemuda Muhammadiyah Kec. Adiwerna.


Pemuda Muhammadiyah yang lahir tepat pada 2 Mei 1932 melalui muktamar Muhammadiyah di Makasar Pemuda Muhammadiyah dibentuk scara resmi meskipun  bila merujuk pada induk awal Pemuda Muhammadiyah yakni Hizabul Wathon telah berdiri lebih dulu  sejak 1918.


Heri Susanto selaku Ketua Pemuda Muhammadiyah Kab. Tegal dalam paparan awal diskusi mengharapkan acara milad ini dijadikan momentum untuk membangkitakn semangat kaum muda untuk lebih ber kiprah dalam organisasi dan siap juga mengajak keluarganya untuk dapat mendorong dan memahami akan kegiatan – kegiatan yang dilakukan sehingga timbul sinergi yang baik dalam keluarga dan masyarakat.


Lebih lanjut Heri yang juga saat ini menjabat  staff di jajaran UPTD Dikbud Kecamatan Dukuhwaru ini menegaskan bahwa bagi Muhammadiyah Pancasila dan NKRI sudah final sebagai Darul Ahdi Wa Syahadah , yakni pancasila adalah kesepakatan kita bersama sebagai bangsa dan negara menuju cita – cita Indonesia yang sejahtera.


IMG_20170513_223408Sementara itu ,Samsul Falah selaku ketua KNPI Kab. Tegal dalam paparannya menyampaikan sebagai ketua organisasi kepemudaan saat ini dirinya didaulat untuk menjadi induk bagi ormas – ormas kepemudaan yang ada di Kabupaten Tegal, KNPI dalam kiprahnya bersifat koordinatif bukan bersifat instruktif sehingga diharapkan agar ada kebiasaan – kebiasaan diskusi seperti inilah yang diharapkan “ sekoci – sekoci inilah yang diharapkan dari masing – masing ormas kepemudaan “ sehingga muncul gagasan – gagasan yang besar bagi keberadaan KNPI ini. Analisis  SWOT perlu juga dikedepankan untuk Pemuda yang berkarakter dapat berfikir global namun bertindak sesuai karakter lokal, kita sadar betul bahwa saat ini kita terus menghadapi serangan – serangan global dalam Pengetahuan, Cara Berfikir kita dan Ekonomi ada juga tantangan disintegrasi  yang terus perlu diwaspadai dengan semangat Ke Islaman, Kebangsaan dan Cinta Tanah Air yang menjadikan Pemuda yang cerdas,kreatif,Inovatif, dan Berjiwa Kewirausahaan , Kepeloporan dan teruslah berorganisasi sebagai wadah perjuangan.


Ketua KNPI yang sekarang juga aktif sebagai dosen ini mengharapkan ada keberpihakan Pemerintah daerah terhadap Pemuda “ Jadikan Kabupaten Tegal yang Ramah Terhadap Pemuda “ diantaranya dengan adanya beberapa kriteria antara lain tumbuh berkembangnya ruang – ruang publik yang dapat menjadi tempat bagi munculnya inovasi – inovasi ide dari Pemuda, serta upaya – upaya peningkatan perekonomian bagi pemuda.


C360_2017-05-13-21-54-55-426Acara Milad Pemuda ini dihadiri juga oleh unsur Pimpinan cabang Muhammadiyah Adiwerna , Anggota dari ranting – ranting Pemuda Muhammadiyah Se-Cabang Adiwerna juga dimeriahkan oleh tampilan monolog dari teater “GEMBLONG” Kab. Tegal yang cukup bisa membius para peserta dengan cetlukan – cetlukan kata yang sarat akan makna dalam mensikapi kondisi bangsa saat ini. ( Iqbal – MPI Kab.tegal )


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Milad Pemuda Muhammadiyah Ke-85 “ JADIKAN TEGAL SEBAGAI KABUPATEN LAYAK UNTUK PEMUDA “"

Posting Komentar