Hankam

Hankam

Warga Dusun Babakan Luragunglandeuh Gelar Kegiatan Peningkatan Mutu Jalan Lingkungan

20161029_095904

Radardesa-Luragung,
Warga Dusun Babakan Desa Luragunglandeuh Kabupaten Kuningan saat ini sedang menggelar kegiatan peningkatan mutu jalan lingkungan. Program tersebut dilaksanakan memanfaatkan kucuran Dana Desa (DD) tahap II tahun 2016 senilai 55 juta rupiah. Volume pekerjaan  akan menjangkau panjang  1300 meter dengan memiliki lebar 120 cm. Terbentang di areal RW 08   dari mulai RT 001, 002, 003 dan RT 004.
Demikian dikemukakan Kepala Dusun Babakan, Nining saat ditemui radardesa di kediamannya pada Sabtu (29/10) siang ini. Menurutnya , pelaksanaan pekerjaan peningkatan mutu jalan lingkungan memang betul sedang berjalan."Alhamdulillah Dana Desa tahap II tahun ini yang diterima Dusun Babakan dapat kami manfaatkan untuk kepentingan perbaikan kualitas jalan lingkungan,"ucapnya.
Dia mengungkapkan rasa bangganya terhadap swadaya warga setempat yang terbilang cukup luar biasa. Warganya sambung Nining melalui sebuah kesadaran bersedia menyumbangkan tenaga tanpa menuntut upah kerja."Melalui satu musyawarah dusun yang dilaksanakan pekan lalu warga menyepakati upah kerja harian dipangkas dengan swadaya murni,"terangnya.
Sehubungan itu lanjutnya,  anggaran yang semula dikahawatirkan tidak mampu menyentuh secara merata ke setiap RT akhirnya dapat menjangkau kebutuhan tersebut."Sebagai Kepala Dusun saya sangat bersyukur atas peran aktif warga turut meringankan beban demi kebutuhan serta kepentingan bersama,"katanya.
Masih pada tempat yang sama di lokasi kegiatan berlangsung, Kepala Desa Luragunglandeuh, Uga Nugraha menyampaikan apresiasi terhadap kebersamaan dan nilai gotong royong warga dusun setempat yang sudah turut memperlancar serta menyukseskan agenda dimaksud."Jalan lingkungan merupakan asset Dusun Babakan dan sekaligus menjadi asset juga bagi  Pemerintah Desa Luragunglandeuh,"terangnya.
Untuk itu sambungnya, apa yang dikerjakan hari ini berupa peningkatan mutu jalan lingkungan kedepan harus terus kita jaga dan rawat dengan sebaik-baiknya."Kami selaku pemerintah desa akan memaksimalkan upaya melayani serta menindaklanjuti kebutuhan warga menyangkut kepentingan umum dengan disesuaikan keberimbangan serta kemampuan anggaran yang diterima desa,"tandasnya.
Berkaitan dengan itu, selaku kepala desa dirinya tetap akan terus memberi dukungan terhadap segala aspirasi yang muncul dari warganya."Program 2017 mendatang untuk Dusun Babakan sudah mulai kami tampung dan mudah-mudahan dapat direalisasikan,"ucapnya.
Dia menambahkan, Dusun Babakan sebagai cikal bakal wilayah terbentuk serta berdirinya Desa Luragunglandeuh pada masa lalu menjadi sebuah tempat yang memiliki potensi budaya serta sejarah luar biasa. Pada Dusun ini kata Uga, terdapat 3 makam leluhur (nenek moyang Luragung) yang sudah dibangun menjadi tempat-tempat bernilai sejarah."Ada makam di tiga tempat, yakni pemakaman 'Pasirlame' tempat makamnya Ki Suranggajaya, kedua makam 'Cibunihaji' tempat pekuburan Ki Dul Iman serta makam 'Pasarean' merupakan makamnya Ki Buyut Bodas,"Rinci Uga.
Ditegaskannya, asset budaya serta sejarah yang berada dekat di Dusun Babakan tersebut bahkan sudah masuk dalam catatan (data) pihak akademisi dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Jawa Barat."Meskipun bangunannya masih sederhana namun semoga saja ke depan potensi yang dimiliki ini menjadi sesuatu yang akan lebih bermakna serta lebih berharga lagi bagi kepentingan serta martabat Luragung,"harapnya.

Secara terpisah, Camat Luragung, Beni Prihayatno saat dikonfirmasi radardesa di ruangan kerjanya mengatakan, secara khusus menilai kegiatan pembangunan Desa Luragunglandeuh di berbagai sektor berjalan cukup sukses. Dari awal tahun 2016 sampai saat ini terang Beni, beberapa bidang garapan terutama yang telah tertuang dalam RAPBDes / APBDes setempat dapat dilaksanakan sesuai harapan."Hal ini harus terus ditingkatkan pada tahun berikutnya karena Desa Luragunglandeuh bisa menjadi contoh serta potret wajah bagi wilayah ini sehubungan lokasinya persis berada di Ibu Kota Kecamatan Luragung," pungkas Camat familiar ini memberi support. * nacep suryaman.

20161029_095757

U

U

20161029_095928  20161029_095908

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Warga Dusun Babakan Luragunglandeuh Gelar Kegiatan Peningkatan Mutu Jalan Lingkungan"

Posting Komentar