Hankam

Hankam

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Kodim Jayapura Lakukan Aksi Grebek Sampah

 

Jayapura - Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Kodim 1701/Jayapura mengikuti aksi grebek sampah yang diselenggarakan oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat di sekitar wilayah Pantai Ciberi, Kota Jayapura. Rabu (5/6/2024).

Berkolaborasi dengan berbagai instansi, sebanyak 2.394 kilogram sampah berhasil dikumpulkan oleh para peserta aksi grebek sampah tersebut.

Tampak hadir Sekda Kota Jayapura Dr. Frans Pekey, M.Si., Wisnu Kuntjoro Adi selaku GM PT PLN Unit Induk Pembangunan Maluku dan Papua, Ketua Komunitas Rumah Bakau Petronela Meraudje, Danramil 1701-03/Abepura Kapten Inf Riswan mewakili Dandim 1701/Jayapura Kolonel Inf Hendry Widodo, Kapolsek Jayapura Selatan AKP Fritsch Lamahan, S.H., Letda Laut (P) Permadi dari Lantamal X Jayapura, sejumlah anggota TNI-Polri dan relawan Komunitas Pecinta Lingkungan Hidup Rumah Bakau.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Employee Volunteer Program (EVP) dan dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian masyarakat dalam merawat lingkungan. Dari sampah-sampah yang berserakan di bibir pantai selanjutnya dilakukan penimbangan kemudian pemilahan.

Dalam sambutannya GM PT PLN Unit Induk Pembangunan Maluku dan Papua mengatakan pada kegiatan kali ini, Employee Green Involvement, sebagai rangkaian program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli adalah sebagai implementasi kepedulian PLN terhadap kepedulian lingkungan sekitar, aksi ini juga dilakukan serentak oleh PLN Group se-Indonesia.

“Bagi kami, ini juga menjadi salah satu bentuk komitmen PLN dalam menjaga serta melestarikan lingkungan secara berkelanjutan. Komitmen kami, PLN UIP Maluku dan Papua tidak hanya membangun proyek kelistrikan untuk dapat menghadirkan "cahaya" bagi masyarakat, namun juga menghadirkan "cahaya" di segala aspek kehidupan, yang tentunya bermanfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya di Papua,” ungkap Wisnu Kuntjoro Adi.

Ia mengatakan bahwa setiap sampah yang diangkat adalah langkah nyata untuk menjaga keindahan dan kelestarian pesisir pantai. Menurutnya bukan hanya tentang membersihkan pantai, tetapi juga tentang membangun kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan melestarikan lingkungan bagi generasi mendatang.

“Mari kita bersama-sama dengan semangat gotong royong, bekerja bahu-membahu untuk mengembalikan keindahan pantai Jayapura. Setiap usaha kecil kita hari ini memiliki dampak besar bagi masa depan lingkungan kita. Dengan kebersamaan dan komitmen, kita bisa membuat perubahan yang berarti,” pungkasnya.

Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Frans Pekey menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada PLN yang sudah peduli terkait salah satu permasalahan krusial yang ada di Papua khususnya Kota Jayapura mengenai kebersihan dan sampah. Dirinya menambahkan bahwa ekosistem lingkungan yang seimbang menjadi tanggung jawab bersama.

“Pemerintah Daerah menyadari bahwa tidak bisa berjalan sendirian untuk mengatasi permasalahan lingkungan yang ada. Kedepannya, isu ini bisa diperhatikan secara serius karena semakin bertambahnya jumlah penduduk maka tingkat konsumsinya juga semakin meningkat,” kata Pekey.

Ia berharap kolaborasi seperti ini tidak hanya berhenti disini. General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Budiono menjelaskan bahwa selain bertugas untuk melistriki seluruh daerah, PLN juga berkomitmen untuk bertanggung jawab terhadap menjaga lingkungan.

Dalam kegiatan ini juga sekaligus dilakukan penyerahan secara simbolis 25 paket sembako dari Kodim 1701/Jayapura kepada janda-janda Kampung Engros yang diserahkan oleh Danramil Abepura Kapten Inf Riswan yang mewakili Dandim 1701/Jayapura Kolonel Inf Hendry Widodo kepada Ibu Petronela Meraudje perwakilan dari Komunitas Rumah Bakau/Masyarakat Kampung Enggros. (Redaksi Papua)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Kodim Jayapura Lakukan Aksi Grebek Sampah"

Posting Komentar