Hankam

Hankam

RADAR DESA SEMAKIN MENGGELIAT & MENGGIGIT

Randusari-www.radardesa.com , Geliat informasi dan kebutuhan media bagi warga saat ini tdk hanya komsumsi orang kota atau mereka yg berpendidikan tinggi namun sekarang sudah merata pada semua lapisan masyarakat, apalagi diera digital saat ini yg menurut kata orang "dunia dalam genggaman" apa yg terjadi di dunia sdh bisa kita komsumsi saat itu juga dg hadirnya teknologi komunikasi yg melejit saat ini, hal ini ditangkap dg apik oleh seorang yg sangat peduli dg dunia digital ade wijaya bersama team yg mencoba menjembatani para pewarta independen untuk dpt memberikan konstribusi tulisannya berupa informasi dari desa untuk warga. Dan sebagai medianya adalah " media online " di www.radardesa.com ".
Sebagaimana diketahui bersama bahwa minat pembaca ( pencari informasi ) sangat berpengaruh pada nilai sebuah berita atau informasi , untuk menikmati sebuah berita ada beberapa factor yang mempengaruhi antara lain :
a. Immediacy
Kerap diistilahkan dengan timelines, artinya terkait dengan kesegeraan peristiwa yg dilaporkan dan unsur waktu sangat penting disini
b. Proximity
Keterdekatan peristiwa dengan pembaca/pemirsa dlm keseharian hidup mereka
c. Consecuency
Berita yg mengubah kehidupan pembaca adalah berita consecuency, contohnya berita kenaikan BBM,dll
d. Konflik
Berita yg mengandung konflik. Seperti perang, demonstrasi dan criminal serta lainnya
e. Oddity
Peristiwa luar biasa, seperti kelahiran bayi kembar lima dsb
f. Emotion
emotion/human interest, elemen ini menyangkut kisah-kisah yg mengandung kesedih, kemarahan atau
simpati dan lain-lain
g. Prominience
Prominience atau “name of news”, berita ini ketika seseorang (narasumber) menjadi terkenal maka dia akan terus diburu
Hal inilah yang coba diramu di www.radardesa.com sebagai media local yang menyajikan berita dengan gaya daerahnya masing – masing anda akan dapat melihat berita dari berbagai desa dengan narasumber dan pewarta yang dekat dengan sumber informasi, ujar Dade Wijaya selaku Pimpinan Umum radar desa disaat merumuskan konsep kedepan radar desa dihadapan team redaksi pada Kamis, 29 Januari 2015 di Kantor Redaksi yang beralamat di Jalan Raya Randusari N0. 37 RT. 02 RW. 03 Kabupaten Tegal , semoga media ini dpt dijadikan referensi utama bagi mereka yg ingin tahu banyak tentang geliat desa.
Pada kesempatan itu Dasuki Raswadi selaku Pimpinan Redaksi juga menyampaikan sebuah rencana program diadakannya pelatihan jurnalistik bagi para pewarta agar dalam menyajikan berita sesuai dengan kaidah dan norma undang – undang yang berlaku dan ada nilai – nilai berita yang lebih mengena bagi para pembacanya. “Pelatihan Jurnalistik bagi pewarta akan kita adakan dalam waktu dekat ini kerjasama dengan elemen lain yang peduli dengan media , dan kita akan hadirkan narasumber yang berkompeten diantaranya dari BAKORNAS PWI dan Wartawan – wartawan yang berpengalaman.” Ujarnya ( Iqbal K )


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RADAR DESA SEMAKIN MENGGELIAT & MENGGIGIT"

Posting Komentar