Pendaftaran Online Serbuan Vaksinasi Resmi Dibuka - RADARDESA

TOP BERITA

Kamis, 19 Agustus 2021

Pendaftaran Online Serbuan Vaksinasi Resmi Dibuka

 

Slawi. Radardesa.com– Sebanyak 30.000 dosis vaksin Sinovac akan disiapkan TNI Angkatan Laut (AL) pada program serbuan vaksinasi Covid-19 serentak di tiga tempat berbeda di Kabupaten Tegal pada 25-26 Agustus 2021 mendatang. Masyarakat Kabupaten Tegal dapat mendaftar secara daring atau online dengan mengakses laman vaksin.tegalkab.go.id.


Informasi tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Widodo Joko Mulyono usai meninjau salah satu lokasi vaksinasi di objek wisata Pantai Purwahamba Indah, Rabu (18/08/2021) siang.


Joko mengungkapkan vaksinasi khusus dosis satu ini diperuntukkan bagi warga Kabupaten Tegal yang berusia 18 tahun ke atas. “Serbuan vaksinasi serentak di tiga tempat ini akan memprioritaskan warga yang mendaftar secara online,” katanya.


Lebih lanjut Joko menerangkan,tempat untuk pelaksanaan serbuan vaksinasi tersebut meliputi GOR Trisanja Slawi untuk melayani warga dari wilayah Kecamatan Dukuhwaru, Lebaksiu, Talang Pagerbarang, Dukuhturi, Adiwerna, Kedungbanteng, Jatinegara dan Pangkah.


Tempat berikutnya adalah Lapangan Olahraga Kalibakung untuk melayani warga dari Kecamatan Bumijawa, Bojong, Balapulang dan Margasari. Sedangkan Pantai Purwahamba Indah untuk melayani warga dari Kecamatan Suradadi, Warureja, Kramat dan Tarub.


“Pembagian tempat ini lebih untuk memudahkan warga menjangkau lokasi vaksinasi, meski warga juga bebas memilih mau suntik vaksin di mana dan itu bisa disampaikan saat mengisi form pendaftaran online,” katanya.


Usai meninjau lokasi, Joko melanjutkan rapat koordinasi bersama camat dan kepala Puskesmas se-Kabupaten Tegal melalui konferensi video dari ruang rapat Sekda untuk mendukung pelaksanaan program serbuan vaksinasi hasil kerjasama Pemkab Tegal dengan TNI AL.


Joko mengimbau peserta rakor segera mensosialisasikan program tersebut sampai ke desa-desa, dibantu pemerintah desa dan bidan desa. “Saya minta camat dan kepala Puskesmas untuk mengajak sebanyak-banyak warga mendaftar serbuan vaksinasi ini. Pendaftaran lewat online sudah dibuka, bisa diakses sekarang,” ujarnya.


Adapun program vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tegal akan menyasar 1,22 juta penduduk atau 76 persen penduduk keseluruhan untuk mencapai kekebalan komunal. Namun saat ini baru 148 ribu penduduk atau 12,1 persen yang sudah mendapat suntik vaksis dosis satu. Jumlah tersebut menurutnya masih sangat jauh dari harapan mengingat capaian di tingkat Provinsi Jawa Tengah sudah di atas 20 persen.


Lebih lanjut Joko mengingatkan, kewaspadaan akan penularan Covid-19 harus terus ditingkatkan. Masyarakat tidak boleh lengah meski penambahan jumlah kasus pasien terkonfirmasi terbilang rendah dan tingkat keterisian ruang isolasi di rumah sakit di bawah 40 persen.


“Meski secara statistik tren kasusnya menurun tapi disiplin protokol kesehatan jangan sampai kendur. Pandemi belum mereda sehingga pelaksanaan tes, telusur dan tangani atau 3T harus selalu diintensifkan,” pesan Joko. (Siti Aminah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar