Yuk, Nglarisi Dagangan Usaha Mikro Kecil Menengah - RADARDESA

TOP BERITA

Senin, 23 Agustus 2021

Yuk, Nglarisi Dagangan Usaha Mikro Kecil Menengah

Slawi. Radardesa.com – Bupati Tegal Umi Azizah terus menggelorakan semangat berbelanja produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), terutama pada pegawai dan kalangan pejabat di lingkungan Pemkab Tegal. Upaya tersebut merupakan bagian dari strategi pemasaran produk lokal disamping membantu pelaku UMKM melewati masa sulit akibat pandemi Covid-19 ini.


Hal tersebut disampaikan Umi mengunjungi bazar UMKM di kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DistanKP), Kamis (19/08/2021). Bazar sehari yang diperuntukkan bagi pegawai di lingkungan pemerintahan ini merupakan bagian dari program “nglarisi dagangane wonge dewek” Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (DagkopUKM) Kabupaten Tegal yang dicanangkan Umi tanggal 4 Agustus 2021.


“Di sini saya mewajibkan ASN belanja barang kebutuhan dari pedagang ataupun pelaku UMKM. Berbagi rezeki disamping ikut membantu memasarkan produknya lewat akun medsos (media sosial), kata Umi.


Untuk itulah Umi minta agar bazar produk UKM ini bisa digelar bergilir satu minggu sekali di lingkungan instansi pemerintahannya. Menurutnya, hal tersebut sangat membantu pelaku usaha mikro dan ultra mikro tetap bertahan disamping membuka peluang mereka untuk bertahan di masa sulit ini.


Didampingi Kepala DagkopUKM Kabupaten Tegal Suspriyanti, Umi mengecek langsung satu persatu produk UMKM yang ditawarkan dari mulai sisi kemasan, harga, daya tahannya untuk produk pangan, hingga bahan baku.


Sejumlah pelaku UMKM mendapat apresiasi orang nomor satu di Kabupaten Tegal karena sudah mampu memasarkan produknya secara dari baik melalui media sosial maupun platform marketplace.


“Lewat kegiatan seperti ini, saya berharap para pelaku UMKM bisa saling belajar, saling berbagi cara pemasaran efektif di tengah perubahan pola belanja masyarakat yang semakin digital, seperti layanan pesan antar hingga daring,” ujar Umi.


Sementara itu, ditemui di tempat yang sama, Suspriyanti menjelaskan sedikitnya 42 pelaku UMKM ikut berpartisipasi pada pelaksanaan bazar tersebut yang merupakan representasi binaannya di masing-masing kecamatan.


“Kami jadwal para pelaku UMKM yang sudah terdaftar. Tujuannya agar saat pelaksanaan kegiatan seperti ini mereka bisa saling bergantian dan merasakan. Untuk pemerataan ini baik,” pungkasnya. (Siti Aminah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar