KBT Kodim 0712/Tegal Dapat Pencerahan Bintalroh dan Bintalidjuang Dari Bintal Kodam IV Diponegoro - RADARDESA

TOP BERITA

Rabu, 27 Oktober 2021

KBT Kodim 0712/Tegal Dapat Pencerahan Bintalroh dan Bintalidjuang Dari Bintal Kodam IV Diponegoro

 


Tegal – Keluarga Besar Tentara (KBT) Kodim 0712/Tegal menerima pembinaan rohani dan ideologi kejuangan dari Bintal Kodam IV Diponegoro di Indoor Lapangan Tenis Kodim 0712 Tegal. Rabu (27/10/2021).

Dalam sambutan Dandim 0712/Tegal Letkol Charlie Clay Lorando Sondakh mengatakan suatu kehormatan besar, kunjungan Tim Bintal untuk melaksanakan pembinaan mental rohani dan idiologi kejuangan dari Tim Bintal Kodam IV Diponegoro, pembinaan rohani pada Kodim 0712/Tegal, dalam rangka untuk memelihara mental prajurit guna mendukung pelaksanaan tugas.

Pangdam IV/Diponegoro menitik beratkan pembinaan mental bagi prajurit dan keluarga dengan harapan menjadi dasar yang kuat untuk menunjang pelaksanaan tugas prajurit Kodam IV/Diponegoro.

“Marilah kita dengar bersama ceramah dari Tim Bintal Rohani dan Bintalidjuang Kodam IV Diponegoro, apabila ada yang akan ditanyakan silahkan tanyakan kepada Tim”. Ucap Dandim

Sementara Letkol Caj Drs. Tauhid MM, Kabintaldam IV Diponegoro menjelaskan, tujuan safari keliling Bintaldam IV Diponegoro ke satuan jajaran Kodam IV Diponegoro adalah untuk membentengi keluarga besar TNI-AD agar mempunyai mental yang tangguh dan berperilaku sesuai dengan norma, baik itu norma agama, masyarakat, serta tidak menyimpang dari peraturan perundang-undangan.

Fungsi Bintal Komando, yang pada intinya adalah bintal yang dilakukan oleh setiap fungsi Komando, artinya semua Atasan dan Komandan berkewajiban memberikan arahan dan pembinaan kepada yang dibawahnya, Jadi bukan hanya Komandan Kodim maupun Komandan Koramil akan tetapi semua pangkat yang lebih tinggi agar bisa membina pangkat dibawahnya, sehingga diharapkan pelanggaran prajurit dapat menurun, dan itu sesuai dengan harapan dari Pangdam.

 Dilihat dari data pelanggaran yang terjadi di Kodam IV pada masa Pandemi Covid 19 diantaranya; Disersi ada 17 kasus, THTI ada 11 kasus, Asusila 5 kasus, nikah siri 1 kasus, penganiayaan 6 kasus, pencurian 1 bintara, penipuan 3 kasus, perbuatan tidak menyenangkan 3 kasus, KDRT 2 Kasus, laka lalin 5, mabuk-mabukan 1 kasus. Yang sudah menurun adalah pelanggaran laka lalin, karena mungkin pada masa pandemi Covid kita cegah untuk tidak banyak bepergian, pelanggaran yang lain dapat diturunkan apabila ada pencegahan, yaitu menciptakan mindset manusia untuk tidak melanggar, semua ini akan tercipta apabila ada sinergitas kerjasama dalam tugas, maka konsep Bintal Fungsi Komando harus diamalkan.

 

“Di satuan teritorial (Kodim) jajaran Kodam IV Diponegoro, Bintalroh dan Bintalidjuang sangat penting sebagai salah satu pedoman para Babinsa untuk membina masyarakat di desa binaannya,” bebernya.

Menurutnya, para Babinsa merupakan salah satu figur atau panutan di masyarakat sehingga mereka harus Pancasilais, berbudi pekerti dan mempunyai kualitas keimanan yang baik, dan berdisiplin, sehingga harus selalu didorong dimana salah satunya melalui safari Bintal seperti ini. (Pendimtegal/Mn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar