Hankam

Hankam

Inilah Semangat Ibu-ibu Ganggawang Brebes di Lokasi TMMD


Brebes, Radardesa.com – Emak-emak Desa Ganggawang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, masih ada untuk membantu TNI dan warga lelaki di desanya dalam membangun infrastruktur jalan pendekat antar desa melalui program TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2021 Kodim 0713 Brebes.

Tatiah (49) salah satunya, Ibu Rumah Tangga asal RT. 08 RW. 02 Ganggawang itu menjelaskan, sejak pra TMMD 16 Agustus 2021 lalu, secara bergiliran dan sukarela setiap RT di desanya menyiapkan makanan dan minuman untuk para pekerja di lokasi pembangunan makadam Jalan Usaha Tani (JUT) Ganggawang-Gunung Sugih sepanjang 1,2 kilometer lebar 4 meter.

“Kami ikhlas pak. Ikut membangun desa juga merupakan kewajiban kami,” ujarnya Senin (20/9/2021).

Lanjut Tatiah, tak hanya konsumsi, ibu-ibu sebisa mungkin juga ikut kerja fisik sesuai kemampuan masing-masing walaupun tidak diwajibkan pemerintah desa setempat.

Dibenarkan Serda Agung, Babinsa Ganggawang Koramil 13 Salem, bahwa ibu-ibu di Pegunungan Lio itu sangat antusias membantu target TNI dalam membangun infrastruktur dan SDM masyarakat melalui kegiatan non fisik TMMD (penyuluhan, sosialisasi, atau pelatihan).

“Ibu-ibu juga berkomitmen untuk terlibat di pengecoran jalan sepanjang 83 meter lebar 2,5 meter,” terangnya.

Warga Ganggawang yang mayoritas sebagai petani dan pekebun itu sangat sadar jika apa yang sedang dibangun pemerintah bersama TNI itu adalah untuk mendongkrak kesejahteraan ekonomi disamping memangkas jarak kedua desa, dimana sebelumnya warga kedua desa itu harus memutar jarak sejauh 4-5 kilometer melewati desa tetangga lainnya hanya untuk bertemu.

Jika jalan TMMD itu selesai, nantinya kedua desa dapat diakses dalam 1,5 kilometer. (Aan/Red)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Semangat Ibu-ibu Ganggawang Brebes di Lokasi TMMD"

Posting Komentar