Kodim Pemalang Gelar Pembinaan Lingkungan Hidup dengan Tanam 1000 Mangrove - RADARDESA

TOP BERITA

Selasa, 07 September 2021

Kodim Pemalang Gelar Pembinaan Lingkungan Hidup dengan Tanam 1000 Mangrove

Pemalang – Guna mencegah abrasi, melestarikan alam dan menghijaukan pantai, Kodim 0711/Pemalang menggelar kegiatan pembinaan lingkungan hidup tahun anggaran 2021 dengan penyelenggara Pasiter Kapten Inf Heri Purnomo, bertempat di Balai desa Ketapang kecamatan Ulujami kabupaten Pemalang, Selasa
(7/9/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Roihan Hidayatullah, S.Sos M.Tr. (Han)., Pasiter Kodim 0711/Pemalang Kapten Inf Heri Purnomo, Muspika Ulujami, Kabid PKL. LH Kab. Pemalang Ra. Ida Komaria. S.IP. M.M., Danramil Comal Kapten Inf Sarmin, Danramil 06/Bodeh Kapten Cba Supardi, SH., Danramil 07/Ampelgading Kapten Inf Teguh Wibowo dan Kades Ketapang Sutopo serta diikuti oleh anggota Kodim 0711/Pemalang, perwakilan anggota Polsek Ulujami Polres Pemalang dan Kelompok Tani Bakti Mulyo Desa Ketapang.

Dalam sambutannya Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Roihan Hidayatullah, S.Sos., M.Tr. (Han) menyampaikan Kegiatan penghijauan ini dalam rangka membantu program pemerintah dengan melaksanakan penanaman pohon, menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Program penghijauan sebagai upaya pemerintah untuk memulihkan kembali keadaan lahan yang sudah tidak produktif.

Lebih lanjut menurut Dandim, Penciptaan lingkungan hidup yang sehat merupakan tanggung jawab semua pihak untuk itu diperlukan partisipasi dan swadaya masyarakat. Pembangunan lingkungan hidup diarahkan untuk meningkatkan mutu lingkungan melalui pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan.
“Dengan datangnya musim penghujan mari kita tetap waspada dan bersinergi guna mengatasi bencal di wilayah Kec. Ulujami Kab. Pemalang., Pungkas Letkol Roihan.

Senada dengan Dandim, Kades Ketapang Sutopo mengatakan, dengan adanya program penanaman pohon bakau/mangrove dapat membantu para petani dalam menahan air rob pada saat air pasang.

“Diharapkan dengan adanya penanaman pohon mangrove bisa membantu para petani untuk lebih meningkatkan penghasilannya”, Ujar Kades.
Usai kegiatan tersebut Dandim beserta tamu undangan dan peserta kegiatan langsung menuju lokasi penghijauan yaitu di tambak sekitar pantai Ketapang Kec. Ulujami untuk menanam pohon bakau/mangrove sebanyak 1000 batang.

Di Sela-sela kegiatan tersebut Dandim mengatakan, Penghijauan ini merupakan implementasi dari program Pembinaan Lingkungan Hidup Tahun 2021 Kodim 0711/Pemalang, juga merupakan bentuk wujud kepedulian TNI terhadap kelestarian lingkungan dan ekosistem yang berada di wilayah Kabupaten Pemalang serta membantu program Pemerintah dalam melaksanakan program penghijauan untuk mengurangi dampak pemanasan global, mencegah abrasi serta kerusakan di sekitar pesisir pantai., (Pendimpemalang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar