Hankam

Hankam

Babinsa Koramil Kedungbanteng Damping Petani Lakukan Pompanisasi Lahan Pertanian

 


Tegal - Dalam rangka upaya membantu dalam mencapai swasembada pangan di wilayah binaan, Babinsa Koramil 13/Kedungbanteng, Kodim 0712/Tegal, Korem 071/Wijayakusuma Serma Purisno dan Serda Didik Setyawan turun mendampingi dan membantu para petani dalam melaksanakan pompanisasi untuk mengairi sawah milik Bapak H. Siwan di Desa Tonggara Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal. Selasa (23/4/2024)

 

Tanaman padi merupakan tanaman yang sangat banyak membutuhkan air khususnya pada saat tumbuh tanaman harus selalu tergenang air. Agar produktivitas padi cukup baik dan efektif dalam satuan luas lahan, maka dibutuhkan suplai air yang cukup

 

Dalam pendampingan pompanisasi Babinsa Serma Purisno mengatakan tujuan pompanisasi pengairan lahan sawah dilakukan karena kurangnya kebutuhan pengairan dari saluran irigasi yang ada sehingga petani memanfaatkan air tanah dengan cara pompanisasi untuk mencukupi kebutuhan pengairan pada lahan sawah agar Lahan tetap bisa produktif, dengan terpenuhi kebutuhan air pada masa tanam akan meningkatkan hasil panen sehingga ketahanan pangan di wilayah Kecamatan Kedungbanteng tetap terjaga, ungkapnya.

 

“Kebutuhan air pada tanaman padi harus banyak, bila tidak tercukupi akan mengakibatkan kegagalan panen, sehingga petani akan mengalami kerugian,” terangnya.

 

Sementara pemilik lahan Bapak H. Siwan menyampaikan terimakasih kepada Babinsa yang telah membantu dalam mengairi sawahnya yang mulai mengering.

 

Terimakasih Pak Babinsa yang telah sudi membantu mengairi sawah, semoga dengan pengairan ini, tanaman padi tercukupi dan hasil produksi pertanian dapat meningkat,” pungkasnya. (pendimtegal)

 

 

 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Babinsa Koramil Kedungbanteng Damping Petani Lakukan Pompanisasi Lahan Pertanian"

Posting Komentar