Hankam

Hankam

Serka Waluyo Dampingi Petani Pompanisasi Tanaman Padi

 


Tegal - Babinsa Koramil 17/Balapulang, Kodim 0712/Tegal, Korem 071/Wijayakusuma Serka Waluyo bersama 3 Babinsa mendampingi petani melakukan pompanisasi di lahan milik Trimanto Poktan Wanareja Ds. Cibunar Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal. Selasa (16/4/2024)

Tujuan pompanisasi pengairan lahan sawah dilakukan karena kurangnya  kebutuhan pengairan dari saluran irigasi yang ada sehingga petani memanfaatkan air tanah dengan cara pompanisasi untuk mencukupi kebutuhan pengairan pada lahan sawah agar sawah tetap bisa produktif, dengan terpenuhi kebutuhan air pada masa tanam akan meningkatkan hasil panen sehingga ketahanan pangan di wilayah Kec. Balapulang tetap terjaga.

Dalam beberapa hari terakhir, curah hujan cukup berkurang, yang mengakibatkan areal pertanian yang ditanami padi di Desa cibunar sedikit terkendala dan kekurangan pasokan air sehingga untuk mengatasinya, para petani melakukan penyedotan air irigasi dengan menggunakan diesel pompa air.
Kondisi tersebut, membuat Serka Waluyo bergerak turun ke sawah untuk memberi motivasi sekaligus membantu petani mengairi sawah seperti yang dilakukan kali ini di sawah milik Trimanto.

“Dalam upaya mewujudkan swasembada pangan diwilayah, dirinya siap membantu mengatasi setiap kendala yang dihadapi para petani di lapangan. Di saat memasuki masa tanam tahun 2024 apa yang menjadikan kendala petani di wilayah dengan sigap Babinsa siap membantu para petani”, ungkapnya. (pendimtegal)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Serka Waluyo Dampingi Petani Pompanisasi Tanaman Padi"

Posting Komentar