Damkar UPTD Brebes Selatan Berikan Edukasi Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran - RADARDESA

TOP BERITA

Jumat, 25 Juni 2021

Damkar UPTD Brebes Selatan Berikan Edukasi Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran


Brebes, Radardesa.com – Satuan Pemadam Kebakaran (Damkar) UPTD Brebes selatan, memberikan edukasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran kepada warga masyarakat Desa Ciputih, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Kamis (24/6/2021).

Acara yang dilaksanakan sesuai protokol kesehatan di aula balai desa setempat itu, menghadirkan para kepala dusun, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, karang taruna dan unsur Linmas Desa Ciputih.

Disampaikan David Rochmansyah, selaku pemateri dari Damkar UPTD Bumiayu, bahwa pihaknya mengapresiasi Kodim 0713 Brebes karena digandeng untuk mengisi materi dalam kegiatan non fisik TMMD Sengkuyung. Ia menilai improvisasi materi non fisik yang diberikan sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat, dimana mencakup pertanian, peternakan, protokol kesehatan, KB Kes, wawasan kebangsaan, UU perkawinan dan talak, serta bahaya narkoba.

“Kita harapkan ilmu yang kita transfer kepada perwakilan warga dapat bermanfaat dalam mencegah dan saat penanggulangan kebakaran pada kesempatan pertama,” ujarnya selepas pemberian materi.

Menurutnya, dengan peningkatan SDM masyarakat terhadap bahaya kebakaran, juga untuk merangsang peran serta masyarakat untuk cegah dini kebakaran. Pasalnya, memasuki musim kemarau saat ini, potensi kebakaran dapat muncul akibat kelalaian warga saat membuka lahan, membuang puntung rokok sembarangan, maupun di rumah tangga.

Para peserta dikenalkan berbagai alat pemadam kebakaran tradisional maupun modern, termasuk tindakan pertama penanganan kebakaran secara mandiri maupun berkelompok. (Aan/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar