Prajurit 407/Padmakusuma Akan Di BKO Ke Kodim 0712/Tegal Guna Membantu Penangan Covid-19. - RADARDESA

TOP BERITA

Kamis, 17 Juni 2021

Prajurit 407/Padmakusuma Akan Di BKO Ke Kodim 0712/Tegal Guna Membantu Penangan Covid-19.

 


Tegal - Sore ini, Satuan Yonif 407/Padmakusuma siapkan dan siagakan segenap prajurit untuk Satgas penegakan pendisiplinan Covid -19. Selanjutnya, prajurit akan di BKO ke Kodim 072/Tegal guna membantu penanganan Covid -19 di wilayah Tegal.

Bertempat di Lapangan Mako Yonif 407/PK, hadir Komandan Korem 071/WK Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P untuk memberikan arahan dan penekanan khusus kepada segenap prajurit Yonif 407/Padmakusuma, Rabu (16/06/2021).

Dalam arahannya, Danrem 071/WK menyampaikan bahwa satuan Yonif 407/Padmakusuma baru saja kembali dari penugasan Satgas Pamtas Kalbar. Dalam penugasan yang kemarin yang dihadapi adalah manusia. Sekarang para prajurit bertugas melawan musuh yang tidak kelihatan, tersebar dimana-mana, namun demikian tidak menjadi masalah jika kita melaksanakan dengan baik, kita patuhi koridor-koridor yang ada.

Kedatangan saya kesini untuk menyampaikan kepada seluruh prajurit semuanya. Bahwa tugas mulia selanjutnya adalah prajurit akan di BKO kan untuk melaksanakan tugas pendampingan kepada pemerintah daerah, termasuk Kodim, Polres, Satgas Covid, tugasnya hanya mendampingi." Jelasnya.

Untuk tugas-tugas yang di lapangan nanti dikomunikasikan secara langsung dilapangan. Hanya ada beberpa hal terkait dengan kegiatan di lapangan.

Ada beberapa penekanan dari bapak Panglima, dan harus disampaikan kepada seluruh prajurit.

"Kita ketahui bahwa Kabupaten Tegal ini termasuk dalam jajaran zona merah, ada 10 Kecamatan yang masuk kedalam keterangan zona merah. Dijajaran Korem 073, di Kudus, Demak, Jepara juga sudah ada pasukan yang BKO disana." Imbuhnya.

"Untuk itu sekarang para prajurit sekalian di BKO kan di Kabupaten Tegal. Pelaksanaan di lapangan, ketentuan yang dilaksanakan, disamping pendampingan kegiatan tersebut harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Artinya kita membantu jangan sampai juga kita yang terbalik kita yang dibantu."

"Maksud saya, saya tidak mengharapkan, saya tidak menginginkan  para prajurit 407 yang akan BKO akan mengalami sakit. Jaga kesehatan betul, protokol kesehatan, dan jangan pernah merasa bahwa kita adalah manusia yang kebal, tidak ada yang kebal walaupun prajurit sekalian sudah divaksin."

Selanjutnya Danrem berpesan, selama pelaksanaan kegiatan dilaksanakan dengan humanis, maksudnya harus memberi tahu, mengingatkan, menyampaikan dan juga memberikan edukasi, pelajaran pengetahuan kepada masyarakat dengan baik. "Tidak perlu menunjukkan arogansi, tidak perlu menunjukkan bahwa kita spesial man, kita manusia biasa juga, kita mengingatkan mereka dengan edukasi-edukasi yang baik." begitu pesannya.

"Tetap pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI, itu pedoman kita dalam melaksanakan tugas di wilayah maupun di lapangan. Kita laksanakan tugas dengan sesuai dengan herarki komando kepemimpinan yang ada di lapangan. Jadi kita tidak liar tapi kita tetap komitmen bahwa apa yang disampaikan pimpinan kita, apa yang disampaikan tugas di lapangan tentunya itu tugas yang terbaik." tegas Danrem.

"Tetap kita selalu berdoa sesuai dengan agama kepercayaan masing masing, karena ini adalah cobaan. Tuhan yang maha kuasa memberikan cobaan kepada kita semua umat manusia, agar kita merasa ada sesuatu hal dibalik semua itu. Sesuatu hal yang mungkin kemampuan manusia ada batasnya, jadi kemampuan manusia tidak ada tidak terbatas. Untuk itu kita coba dan senantiasa selalu memohon kepada yang maha kuasa, termasuk kita juga yang ada diaini yang sudah keluarga maupun yang belum. Sampaikan kepada istri, anak, saudara, orang tua. Karena pada dasarnya yang dibutuhkan sekarang adalah kesadaran. Kalau kita perintahkan kepada mereka melakukan sesuatu dengan kekerasan besuknya sudah berubah lagi, tetapi kalau dengan kesadaran itu adalah melekat dihati tanpa kita suruh tanpa kita ingatkan sudah melaksanakan dengan baik." begitu pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kasbrig 4/DR, Komandan Kodim 0712/Tegal, Kasi Ops Rem 071/WK, para Kasi Brigif 4/DR dan para Pasi Yonif 407/PK.

Dalam kesempatan yang berbeda, Pasi Ops Yonif 407/PK Kapten Inf Galih Satriadi menambahkan, untuk saat ini satuan Yonif 407/PK menyiagaan pasukaannya dan menunggu perintah selanjutnya dari komando atas.

"Sejumlah 196 personel Yonif 407/PK yang terlibat Satgas penegakan pendisiplinan Covid -19 di wilayah Tegal saat ini sudah siaga dan siap digerakkan sewaktu-waktu, seluruh prajurit juga selalu monitoring situasi yang perkembang." jelasnya. (MN)

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar