Hankam

Hankam

Jembatan Baru TMMD Cikuya Hubungkan 2 Desa Terisolir

Brebes, Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono dalam persiapan pembukaan TMMD Reg 100 menyampaikan bahwa pelaksanaan TMMD Reg Ke-100 Kodim 0713/Brebes salah satunya akan membangun infrastruktur jembatan, pengaspalan jalan dan pengerasan jalan (Makadam) yang akan menjadi akses menuju ke areal perkebunan yang baru bagi masyarakat Dukuh Kopi dan Cikuya. Banjarharjo (27/9).

Perlu kita ketahui bersama bahwa, sebelumnya masyarakat Dukuh Kopi dan Cikuya harus menyeberangi sungai jika akan ke perkebunan. Jika kondisi cuaca cerah (tidak hujan) maka jalan yang menanjak dilokasi dapat dilalui, akan tetapi jika hujan turun tanjakan jalan yang sekarang dibuat jembatan menjadi susah dilalui dikarenakan faktor tanahnya (tanah liat) yang sangat licin dilalui, terlebih kendaraan harus masuk ke sungai dahulu sebelum menanjak.

Bapak Sekod Kepala Desa Cikuya menuturkan bahwa sudah 1 dekade ini, jalan tersebut jarang dilalui warga, terlebih jika jalan becek karena guyuran hujan dan belum adanya jembatan sebagai penghubungnya. Karena sebelum menanjak kendaraan harus memasuki sungai dulu, hal ini menambah licin sehingga rawan tergelincir. Lebih lanjut Sekod menyampaikan, Cikuya dari pusat kota Brebes berjarak 40 Km dan Dukuh Kopi (625 KK) dan Dukuh Cikuya (750 KK) masih terisolir. Selama ini warga di kedua dukuh tersebut dalam menjalani rutinitas berkebunnya, apalagi jika jalan licin harus memutar melalui Desa Cikeusal Lor Kec. Ketanggungan.

Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono juga meenyampaikan bahwa dengan mengacu ketertinggalan kedua dusun tersebut maka Pemkab. Brebes melalui TMMD Reguler Kodim 0713/Brebes memilih Cikuya sebagai target TMMD Reguler kali ini, TNI akan memperbaiki jalur di kedua dusun yang terisolir tersebut. Dan Alhamdulillah jembatan yang dibangun saat Pra TMMD sudah dapat dilalui warga tinggal finishing, “Para Tekhnisi kami yang dibantu warga sedang sengkuyung mengerjakan Talut jalan, setelah itu jalan akan diperkeras dengan batu yang telah dikumpulkan warga bersama para Babinsa beberapa waktu yang lalu” pungkas Hadi. (Pendim 0713..Aan/Wid).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jembatan Baru TMMD Cikuya Hubungkan 2 Desa Terisolir"

Posting Komentar