Sukseskan Swasembada Pangan, Anggota Kodim 0712 Tegal Pantau dan Rawat Perkembangan Pertumbuhan Tanaman Jagung - RADARDESA

TOP BERITA

Senin, 10 Oktober 2022

Sukseskan Swasembada Pangan, Anggota Kodim 0712 Tegal Pantau dan Rawat Perkembangan Pertumbuhan Tanaman Jagung

 


Tegal - Perawatan tanaman jagung sangat penting dilakukan untuk mendapatkan pertumbuhan tanaman yang optimal. Perawatan dan pemeliharaan ini mulai dilakukan, sejak tanaman jagung masih dalam fase bibit hingga mencapai dewasa.

Untuk menghasilkan jagung yang berkualitas baik, diperlukan perawatan dan pemeliharaan tanaman setelah bibit ditanam.

Anggota Kodim 0712/Tegal Serda Rudi melaksanakan pemantauan dan perawatan dengan melakukan penyiangan dan pembumbunan tanaman jagung dilahan 1 hektar milik lahan demlot Kodim 0712/Tegal dengan usia tanam +  72 hari di Kp. Kalisusu Desa Karanganyar Kec Kedung banteng.

“Penyiangan  hal penting yang harus dilakukan ketika tanaman jagung sudah tumbuh yaitu melakukan penyiangan. Penyiangan merupakan proses pembersihan tanaman dari gulma, hama, maupun parasit yang dapat mengganggu pertumbuhan jagung yang ditanam. Penyiangan pertama bisa dilakukan saat tanaman sudah berumur empat minggu setelah masa tanam. Penyiangan dilakukan bersamaan dengan pembumbunan dan sebaiknya dilakukan dua minggu sekali.” Ucap Serda Rudi

“Pembumbunan merupakan penutupan akar tanaman yang timbul di atas permukaan tanah dengan cara menguruk/menimbun dari tanah di sebelah kanan-kirinya. Pembumbunan berfungsi untuk memperkokoh sosok tanaman. Pembumbunan akan lebih efisien jika dilakukan bersamaan dengan penyiangan agar tenaga kerja tidak terbuang banyak. Pembumbunan pertama dilakukan bersamaan dengan penyiangan kedua.” Tutupnya (Pendimtegal)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar